Sepi Peminat, KPU Pasaman Perpanjang Masa Pendaftaran Calon PPS

Sepi Peminat KPU Pasaman Perpanjang Masa Pendaftaran Calon PPS Suasana pendaftaran bagi pelamar PPS di kantor KPU Pasaman beberapa hari lalu, (Foto: Covesia)

Covesia.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat secara resmi memperpanjang penerimaan pendaftaran bagi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi mengatakan langkah tersebut diambil akibat minimnya para pelamar PPS sejak pendaftaran dibuka tanggal 18-24 Februari 2020 kemarin.

"Perpanjangan masa pendaftaran ini hanya untuk 4 Nagari saja di Pasaman, untuk selebihnya sudah memenuhi kuota. Keempat Nagari tersebut yaitu Nagari Koto Kaciak (Bonjol), Lubuak Gadang (Mapat Tunggul), Sitombol Padang Gelugur (Padang Gelugur) dan Koto Nopan (Rao Utara)," terang ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi, Selasa (25/2/2020).

Rodi Andermi menyebutkan keputusan perpanjangan masa pendaftaran itu juga berdasarkan Berita Acara Rapat Pleno KPU Kabupaten Pasaman Nomor 9/PK.01-BA/1308/KPU-Kab/II/2020  tanggal 25 Februari 2020 tentang penetapan perpanjangan pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasaman.

"Pendaftaran calon anggota PPS dalam Pemilihan serentak tahun 2020 diperpanjang selama tiga hari mulai tanggal 25 Februari sampai dengan 27 Februari 2020 nanti. Untuk Nagari-nagari yang jumlah pendaftarannya kurang dari dua kali jumlah calon anggota PPS yang dibutuhkan," kata Rodi Andermi.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk terlibat aktif dalam mensukseskan pemilu baik melalui jalur pengabdian PPS.

"Kelengkapan dokumen diantar langsung atau dikirim ke Sekretariat KPU Pasaman melalui pos, dengan alamat Jalan Ahmad Yani Nomor 13 A, Pauah Lubuk Sikaping," katanya.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Pasaman membuka pendaftaran rekrutmen calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Bupati (Pilbup) Pasaman tahun 2020.

Penerimaan pendaftaran calon PPS telah dimulai sejak 18 Februari sampai 24 Februari 2020 lalu.

Dalam mensukseskan Pilkada kali ini, KPU Pasaman membutuhkan anggota PPS sebanyak 111 orang untuk disebar di 37 Nagari se- Kabupaten Pasaman.

Untuk bisa mendaftarkan diri sebagai anggota PPS dengan syarat mendaftar diantaranya, minimal usia 17 tahun, tidak terlibat di partai dan dukung mendukung pasang calon, surat keterangan kesehatan dan ijazah dan pendidikan terakhir SMA.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga