Tingkatkan Kemitraan, Polda Sumbar Gelar Peringatan HPN dengan Wartawan

Tingkatkan Kemitraan Polda Sumbar Gelar Peringatan HPN dengan Wartawan Pemotongan tumpeng dalam rangka silahturahmi dengan awak media pada perayaan HPN ke-74 di Mapolda Sumbar, Kamis (21/2/2020)(Foto: Fakhruddin)

Covesia.com - Guna meningkatkan kemitraan, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) melakukan silaturahmi dengan media cetak dan elektronik se-Sumbar. Berlangsung di Mapolda Sumbar, Kamis kemarin (20/2/2020), acara tersebut dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-74.

Ketua Dewan Kehormatan Provinsi Persatuan Wartawan Indonesia Sumbar Basril Basar, dalam sambutannya, mengapresiasi Polda Sumbar karena telah menjadi institusi pertama di Sumbar yang merayakan HPN secara khusus. 

"Kita apresiasi sekali hal ini,"  ujarnya.

Basril menyampaikan bahwa ada persoalan yang muncul saat ini yakni wartawan yang dibawa ke ranah pidana karena pemberitaan. Ia mengatakan seharusnya delik pers harus diselesaikan oleh Dewan Pers seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999.

"Dewan Pers dengan Polri juga ada kesepakatan terkait hal ini dan kita berharap tidak ada lagi persoalan delik pers yang dibawa ke ranah pidana," ujarnya. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan apresiasinya atas kerja sama pers selama ini yang telah membantu Polda Sumbar dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Toni mengajak seluruh personel Polda Sumbar dan jajaran agar membangun sinergitas dengan media sehingga informasi yang ada dapat tersampaikan kepada masyarakat dengan baik.

"Sejak saya masuk ke sini, saya merasa terdukung sekali dengan pemberitaan-pemberitaan dari awak media. Hal ini juga menyemangati saya beserta jajaran di kepolisian," ujarnya.

Toni menyampaikan bahwa media juga harus jelas dalam menyampaikan berita.

Saat diwawancarai tentang wartawan yang dibawa ke ranah pidana karena pemberitaan oleh rekan-rekan pers usai acara, Toni menjawab bahwa dia akan menelusuri informasi tersebut ke jajaran Polda dan Polres se-Sumbar. 

"Saya cek ke jajaran dulu apakah betul ada. Nanti kita konfirmasi dan klarifikasi," katanya. 

(fkh)

Berita Terkait

Baca Juga