Lestarikan Lingkungan, Polda Sumbar Tanam Pohon Bakau di Pantai Tiram Padang Pariaman

Lestarikan Lingkungan Polda Sumbar Tanam Pohon Bakau di Pantai Tiram Padang Pariaman Lestarikan Lingkungan, Polda Sumbar Tanam Pohon Bakau di Pantai Tiram Padang Pariaman, Jumat (21/2/2020)(Foto: Covesia/ Peri)

Covesia.com - Guna melestarikan kepedulian terhadap lingkungan, Polda Sumbar melakukan penanaman pohon mangrove (bakau) di Pantai Tiram, Korong Tiram, Nagari Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman.

"Ini program Polri, dan kegiatan ini serentak kami lakukan di seluruh wilayah Indonesia. Namun untuk di Sumbar kami melakukannya di sini," sebut Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, usai melakukan penanaman pohon secara simbolis di Pantai Tiram, pada Jumat (21/2/2020).

Lanjut Toni, ada 10 ribu bibit mangrove yang ditanam dalam penanaman pohon tersebut, dan ditanam di beberapa lokasi di Wilayah Hukum Polda Sumbar.

"Kegiatan ini salah satu bentuk penghijauan yang dilakukan oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia," ujarnya. 

Selain untuk penghijauan, pohon magrove ini juga memberikan banyak manfaat, yaitu untuk antisipasi dampak abrasi terhadap daerah di pinggir pantai.

Kemudian kata Irjen Pol Toni Harmanto, mangrove ini juga sangat bermanfaat untuk tempat hidup udang, ikan dan kepiting. Jadi ini sangat bagus untuk ekosistem yang mungkin selama ini mulai berkurang.

"Namun yang terpenting dari kegiatan ini bertujuan untuk memelihara kelestarian lingkungan hidup, serta memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan ini," jelasnya. 

Dikatakan Toni, ke depan pihaknya akan bekerja sama dengan masyarakat untuk menjaga bakau yang telah ditanam ini, agar bisa hidup dan berkembang di wilayah tersebut.

(per/don)

Berita Terkait

Baca Juga