Gubernur Sumbar Imbau Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Gubernur Sumbar Imbau Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno praktekan cara mengisi sensus penduduk online di Grand Inna Padang, Selasa (18/2/2020)(foto:Covesia/Laila)

Covesia.com - Tahun ini Badan Pusat Statistik Provinsi (BPS) Sumatera Barat menggelar sensus penduduk. Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno Imbau masyarakat untuk sukseskan sensus tersebut.

" Saya Imbau semua masyarakat tanpa terkecuali harus ikut terlibat dan jangan menutup diri, jangan menolak dan mengelak jika ada petugas sensus yang datang ke rumah. Supaya data lengkap dan sempurna," ungkapnya kepada wartawan di Hotel Grand Inna, Padang, Selasa (18/2/2020).

Irwan menambahkan sensus ini banyak manfaat dan kegunaannya. Pemerintah bisa mengambil kebijakan, membuat peraturan dan lain sebagainya.

"Sensus 2020 ini tidak hanya menggunakan metode wawancara langsung namun juga sudah ada online," jelasnya.

"Kami ingin ada satu atau dua pertanyaan ada satu hal yang terkait dengan angka pengangguran. Asumsi karena data statistik kemiskinan kita jauh dari nasional generasio kita rata-rata indikator lain bagus cuma satu pengangguran. Harusnya kalau kemiskinan berkurang pengangguran juga berkurang tapi selalu beriringan dengan angka nasional pengangguran Sumbar," jelasnya.

Dikatakan Irwan, karakter, perilaku orang Minang di Sumbar tentang definisi kerja dan tentang memilih kerja. Definisi kerja orang Minang itu punya kantor, kerjaan tetap punya yang rutin itu baru kerja. Kalau gak gitu gak kerja walaupun dia punya pendapatan atau penghasilan.

Lalu memilih dalam bekerja, bukan kurang kerjaan. Di bidang konstruksi aja puluhan ribu dengan puluhan triliun uang kita buat jalan jembatan, bangunan gedung, itu lapangan pekerjaan terbuka, tapi yang masuk bukan orang Minang.

Nah jadi akan menambah pertanyaan bagaimana saudara menghidupi keluarga tiap bulan, dari mana uangnya, kurang lebih seperti. Biar ketauan bagaimana pendapatannya supaya tidak salah dalam mendefinisikan.

Untuk antisipasi yang tidak terangkap, akan ada wawancara langsung. Tim sensus akan mendatangi rumah berkaitan.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan sudah mencoba sensus online, lebih kurang 5 menit selesai ia lakukan.

(lai)

Berita Terkait

Baca Juga