Hendak ke Kebun, Warga Koto Rantang Agam Temukan Bunga Bangkai Raksasa

Hendak ke Kebun Warga Koto Rantang Agam Temukan Bunga Bangkai Raksasa Hendak ke Kebun, Warga Koto Rantang Agam Temukan Bunga Bangkai Raksasa, (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Satu individu tanaman langka jenis (Amorphophallus Titanum) atau bunga bangkai kembali ditemukan warga di Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, (Sumbar).

Salah seorang warga setempat, Heru Nofriandi (23) mengatakan bunga bangkai raksasa tersebut memiliki tinggi hampir mencapai 2,5 Meter, individu tersebut terlihat sepekan terakhir dan diperkirakan akan mekar beberapa hari kedepan.

"Ada masyararakat yang akan pergi ke kebun, ia melihat ada bunga bangkai tumbuh di lereng perbukitan dengan tinggi 2 meter lebih," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Selasa (18/2/2020).

Selain habitat yang akan mekar ia juga menemukan satu kuncup dengan ketinggian hampit 1 meter yang tidak jauh dari lokasi. Dikatakan Heru, bunga langka jenis ini sering ditemukan di Nagari Koto Rantang, bahkan kemunculannya sudah tersebar di sekitar hutan setempat.

"Di lokasi ini 2 tahun yang lalu juga ada yang mekar, dan juga jenis yang sama juga banyak ditemukan di hutan-hutan sekitar sini," katanya.

Terkait penemuan tersebut Heru sudah melaporkan ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam, (BKSDA) Resor Bukittinggi, sementara itu pihaknya sudah memberikan plang pembatas di sekitar tumbuhnya bunga.

Sementara Itu Kepala BKSDA Resor Bukittinggi Ciko, mengaku sudah mendapatkan informasi tentang penemuan bunga tersebut. Ia mengaku akan melakukan pemantauan ke lokasi dalam waktu dekat. "Sudah dapat informasi kita akan ke lokasi dalam waktu dekat ini," katanya.

(jhn/don)




Berita Terkait

Baca Juga