Intensitas Hujan Tinggi di Agam, Banjir dan Longsor Landa Kecamatan Canduang

Intensitas Hujan Tinggi di Agam Banjir dan Longsor Landa Kecamatan Canduang Intensitas Hujan Tinggi di Agam, Banjir dan Longsor Landa Kecamatan Canduang, Sabtu (15/2/2020)(Foto: dok.bpbd)

Covesia.com - Curah hujan tinggi yang mengguyur sebagian besar Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (15/2/2020) Sore, memicu terjadinya banjir dan longsor di Kecamatan Canduang.

Data yang dihimpun dari Pusdal Ops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, menyebutka pertama, Banjir di Jorong Bingkudu, Nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang, sekitar pukul 17.30 Wib, air menggenangi lahan pertanian seluas 2 hektar serta menutupi badan jalan. 

Di nagari yang sama, longsor juga terjadi di Jorong 100 Janjang, namun tidak berdampak pada akses jalan, kemudian dilanjutkan dengan Tanah longsor di Tabek Palambiang Jorong XII Kampuang, yang mengakibatkan tanah longsor menerjang satu unit rumah.

Kemudian menjelang Maghrib, longsor terjadi di jorong lasi tuo Nagari Lasi, kecamatan Canduang, material tanah  menerjang dinding belakang asrama pesantren Asabul Yamin, namun tidak terjadi kerusakan.

"Untuk di Lasi Tuo material tanah sudah dibersihkan oleh para santri sementara itu di jorong 100 Janjang pemukiman warga terletak tidak jauh dari kawasan rawan longsor, kita mengimbau untuk tetap waspada," Kata Kalaksa BPBD Agam M Luthfi AR.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga