Dihantam Longsor, Satu Unit Rumah di Ampek Koto Agam Rusak Parah

Dihantam Longsor Satu Unit Rumah di Ampek Koto Agam Rusak Parah Tampak satu unit rumah yang rusak akibat dihantam material longsor di Kabupaten Agam, Jumat malam (14/2/2020)(Foto: dok.bpbd)

Covesia.com - Curah hujan tinggi yang mengguyur sebahagian wilayah Kabupaten Agam, Jumat (14/2/2020) sore memicu terjadinya longsor dan menimpa satu unit rumah warga di Jorong Subarang Tigo Jorong, Nagari Koto Gadang, Kecamatan Ampek Koto.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, M Luthfi AR melalui Pusdal Ops Lukman Syahputra mengatakan, longsor menghantam bagian belakang rumah milik Eli Zarni (31) sekitar pukul 21.00 Wib, yang mengakibatkan ruangan  dapur dinding maupun atap rusak parah.

"Tidak jauh dibelakang rumah ada perbukitan, jadi saat hujan terjadi longsor material tanah dan kayu langsung menghantam dapur," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Sabtu (15/2/2020).

Akibat peristiwa Tersebut pemilik bersama 3 penghuni lainnya terpaksa diungsikan ketempat yang lebih aman. Sementara itu curah hujan tinggi menghalangi petugas untuk melakukan evakusi.

Bersama pemerintah nagari dan kecamatan pihaknya sudah melakukan pendataan, namun proses evakuasi tidak bisa dilaksanakan karena curah hujan masih tinggi dan ditakutkan akan terjadi bencana susulan.

"Untuk evakuasi belum bisa kita laksanakan, karena lokasi rumah didekat perbukitan, ditakutkan terjadi longsor susulan, rencananya penyingkiran material longsor kita lakukan pagi ini," katanya.

(jhn)




Berita Terkait

Baca Juga