Percepat Pelapukan Bangkai Ikan di Danau Maninjau, Kodim 0304 Agam Gunakan Bios 44

Percepat Pelapukan Bangkai Ikan di Danau Maninjau Kodim 0304 Agam Gunakan Bios 44 Personel Kodim 0304 Agam saat mengubur bangkai ikan di tanjung batuang nagari duo koto Agam Senin (10/2/2020) (Foto: Johan/Covesia)

Covesia.com - Pasca Tubo danau yang melanda Danau Maninjau beberapa hari yang lalu, puluhan ton bangkai ikan masih mengambang di perairan danau, hal itu menyebabkan pencemaran polusi air maupun udara di daerah itu.

Untuk mempercepat proses evakuasi, Kodim 0304 Agam turut lakukan pembersihan bangkai-bangkai ikan yang mengambang di permukaan danau, di Tanjuang Batuang Nagari duo Koto, Senin (10/2/2020).

Dandim 0304 Agam Letkol Inf Viktor Andhika Tjokro melalui Perwira Seksi Teritorial, Kap.Inf Khairul M, mengatakan aksi tanggap cepat ini pihaknya menurunkan sebanyak 22 orang personel dari 3 koramil dan Kodim.

Ini hari kedua kita mengadakan kegiatan. Sebelumnya kita juga melakukan kegiatan evakuasi bangkai ikan bersama Pemda Agam, Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya dan Nagari Duo Koto," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Dijelaskannya kegiatan evakuasi itu bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya pencemaran danau yang lebih besar. Jika bangkai ikan tidak segera di evakuasi, ia akan melapuk di permukaan danau hal itu bisa menyebabkan pencemaran yang lebih besar, sehingga memperburuk kondisi danau, 

"Tercemarnya danau bisa memicu jumlah kematian ikan yang lebih besar serta mengancam kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar danau," Katanya.

Dilanjutkan Pasiter Kodim 0304 Agam,  bangkai-bangkai ikan tersebut diangkat ke permukaan dan dikubur. Guna mempercepat proses pelapukan ikan, pihaknya menggunakan Bios 44. 

"Selain pupuk, Bios 44 ini juga dipakai untuk hal lainnya. saat akan dikubur, bangkai Ikan kita semprot dengan Bios 44, hal itu  akan mempercepat proses pelapukan lebih kurang 3 hari serta bisa menghilangkan bau," jelasnya.

Ia menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan hal itu untuk menjaga kelangsungan hidup di sekitar danau maninjau. "Danau maninjau ini milik kita bersama, harus dijaga dengan baik, demi keberlangsungan hidup masyarakat di sekitar danau," tutupnya.

(jhn/nod)


Berita Terkait

Baca Juga