Tertimbun Longsor, Akses Lalulintas Koto Tinggi Baso Dilewati Menggunakan Sistem Buka Tutup

Tertimbun Longsor Akses Lalulintas Koto Tinggi Baso Dilewati Menggunakan Sistem Buka Tutup Foto istimewa

Covesia.com - Curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memicu terjadinya tanah longsor di Jorong Koto Gadang, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso, Minggu (9/2/2020), sekitar pukul 17.30 Wib.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, M Luthfi Ar Mengatakan, melalui Pusdal Ops Lukman Syahputra mengatakan, material tanah disertai kayu menimbun sebagian badan jalan yang mengakibatkan arus lalu-lintas terganggu.

"Beberapa hari ini kan hujan, jadi kontur tanah lembut sedikit hujan saja bisa memicu longsor," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Mendapat informasi tersebut, Pihaknya langsung menuju lokasi, guna melakukan evakuasi. Material longsor menutupi sebahagian akses jalan Provinsi setinggi 5 meter dan panjang 10  meter.

"Untuk arus lalu-lintas saat ini dilewati  melalui sistem buka sistem buka tutup namun antrian tidak terlalu panjang karena jumlah kendaraan tidak begitu banyak," jelasnya.

Untuk evakuasi longsor pihaknya sudah menghubungi dinas PUTR Sumbar guna meminta bantuan satu unit alat berat.

"Untuk longsor cukup banyak sehingga tidak bisa melalui peralatan ringan, saat ini alat berat sudah menuju lokasi dana pembersihan kita targetkan selesai secepat mungkin," tutupnya.

(han/adi)

Berita Terkait

Baca Juga