Tubo Danau Tidak Mempengaruhi Hasil Tangkapan Nelayan di Danau Maninjau Agam

Tubo Danau Tidak Mempengaruhi Hasil Tangkapan Nelayan di Danau Maninjau Agam Ilustrasi (dok.covesia.com )

Covesia.com - Bencana Tubo danau yang melanda, Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) beberapa hari terakhir, tidak mempengaruhi hasil tangkapan nelayan jaring di daerah setempat.

Salah seorang nelayan pencari ikan di Nagari Koto Kaciak, St Rajo Intan mengatakan, untuk jumlah tangkapan, satu harinya berkisar antara 20 Kg hingga 30 kg, jumlah tersebut merupakan hasil rata-rata pada satu bulan terakhir.

"Sama saja, tubo danaunya tidak menyeluruh, yang matikan ikan di dalam karamba, tidak berpengaruh pada ikan yang didalam danau," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Meskipun tidak mempengaruhi hasil tangkapan, kematian Massal ikan itu berpengaruh kepada harga jual di pasaran, saat ini harga jual ikan di pasar tradional kabupaten Agam berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu, harga tersebut dari 2 pekan sebelumnya yaitunya Rp 25 Ribu.

"Pedagang saat ini cuma bisa beli ikan Rp 12 Ribu perkilo nanti dijual di pasar Rp 15 ribu, tapi harus disebutkan dulu kepada pembeli kalau ini ikan pukat bukan ikan karamba," tutupnya.

(han/adi)

Berita Terkait

Baca Juga