PT Amartha Gelar Kegiatan Periksa Mata dan Pemberian Kaca Mata Gratis

PT Amartha Gelar Kegiatan Periksa Mata dan Pemberian Kaca Mata Gratis Ilustrasi - pixabay

Covesia.com - PT Amartha Mikro Fintek mengadakan kegiatan periksa mata dan pemberian kaca mata gratis. Acara tersebut berlangsung di Kelurahan Ampang Kota Padang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (8/2/2020). 

Direktur PT Amartha Mikro Fintek Provinsi Sumbar Aria Widyanto menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan sosial dan salah satu bentuk pendampingan kepada mitra. Dalam mendampingi mitra, Aria menjelaskan bahwa ada tiga pilar utama yang dilakukan oleh PT Amartha, yaitu pelatihan literasi keuangan dan pelatihan kewirausahaan.

"Pelatihan tentang kesehatan dan sanitasi merupakan yang pilar ketiganya," ujarnya. 

Aria juga menjelaskan bahwa pada 2019 Amartha juga melakukan kegiatan periksa mata dan pemberian kaca mata gratis kepada sepuluh ribu orang mitra di Pulau Jawa. 

"Kegiatan periksa mata pada hari ini merupakan kegiatan pertama di Sumbar, khususnya Kota Padang. Karena baru tahun ini PT Amartha mengembangkan bisnis di Sumbar. Ini kita jadikan ajang perkenalan, sekaligus memberi kontribusi peningkatan kesehatan masyarakat," ujarnya. 

Pada acara kali ini, ada 200 orang mitra yang diundang oleh PT Amartha. Peserta tersebut merupakan mitra yang berasal dari sekitar Padang.

Di Padang, PT Amartha memiliki empat cabang. Sedangkan di Sumbar, PT Amartha memiliki 32 cabang. Pada tahun ini, PT Amartha menargetkan untuk menyalurkan modal usaha senilai Rp200-400 miliar di Sumbar. 

Dalam melakukan kegiatan periksa mata gratis ini, PT Amartha menggandeng Visio, sebuah produsen kaca mata. Selain itu, PT Amartha juga bekerja sama dengan Fakultas Keperawatan Unand. Ada 10 perawat yang berpartisipasi pada kegiatan ini. 

"Harapan dari kegiatan ini, kita bisa meningkatkan produktivitas masyarakat, terutama mitra Amartha.

Tentunya ke depan, kegiatan ini regular, setiap bulan, dengan lokasi yang berbeda-beda," ujarnya.

Hesti Nikamar (35) salah seorang warga Kelurahan Ampang mengatakan bahwa dia adalah seorang nasabah PT Amartha. Dia mengapresiasi acara ini. Dengan acara ini, dia bisa melakukan periksa mata secara gratis. Berdasarkan hasil pemeriksaan, matanya masih dalam keadaan sehat.  "Terimakasih kepada Amartha. Harapannya acara ini bisa diadakan berlanjutan di Kota Padang," ujarnya.

Hariman (58), warga Kalumbuk, mengatakan bahwa dia baru Januari lalu bergabung dengan PT Amartha. "Nama kelompoknya Simpang Kapalo Banda. Jumlah anggota  20 orang, jumlah pinjaman Rp4 juta jangka waktu pelunasan 50 minggu. Alasan saya gabung dengan Amartha karena kekurangan modal. Selama ini jualan lotek namun kendalanya kekurangan modal untuk mengembangkan usahanya," ujarnya. 

Kontributor: Fakhruddin Arrazzi

Berita Terkait

Baca Juga