Takut Terbawa Arus Sungai, Warga Cacang Randah Agam Pindahkan Kuburan Keluarga

Takut Terbawa Arus Sungai Warga Cacang Randah Agam Pindahkan Kuburan Keluarga Warga Cacang Randah, Agam, Sumbar sedang memindahkan kuburan keluarga mereka yang berada di pinggir sungai Batang Tiku, Sabtu (8/2/2020) (Ist)

Covesia.com - Sering meluapnya sungai Batang Tiku, di Bukik Selasih Kubu Durian, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kian hari semakin meresahkan warga.

Tingginya debit air terus menggerus lahan masyarakat bahkan saat ini sudah menyentuh tempat pemakaman masyarakat yang terletak ditepi sungai.

Khawatir kondisi tersebut, masyarakat mulai memindahkan kuburan keluarga mereka ketempat yang lebih aman.

Kasi PNM Kecamatan Tanjung Mutiara Weri Ikhwan mengatakan komplek pemakan ini sebelumnya berada di atas tebing aliran sungai, namun luapan air membuat jarak antara sungai dan pemakanan semakin dekat.

" Tebing dekat kompleks pandan pekuburan tersebut sudah mulai tergerus air bahkan beberapa luburan sudah mulai dihanyutkan oleh air," ujarnya saat dikonfirmaai Covesia.com Sabtu (8/2/2020).

Saat ini setidaknya sudah ada 4 unit kuburan yang sudah dipindahkan oleh masyarakat, disaksikan langsung  Bhabinkantibmas, pemerintah kecamatan dan nagari.

"Untuk lokasi kuburan baru, kita menghimbau agar diletakkan di tempat aman dari bencana banjir dan longsor," tutupnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga