Polda: Sepanjang Januari 2020, Terungkap 107 Kasus Peredaran Narkoba di Sumbar

Polda Sepanjang Januari 2020 Terungkap 107 Kasus Peredaran Narkoba di Sumbar Rilis pengungkapan peredaran narkoba di wilayah hukum Pda Sumbar, Kamis (5/2/2020)(Foto: Covesia/ Fakhru)

Covesia.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) melalui Diresnarkoba barhasil mengungkap 25 kasus peredaran narkoba dengan jumlah tersangka 32 orang selama Januari 2020. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Stefanus Budi Setianto dalam konferensi pers di Mapolda Sumbar, Kamis (6/2/2020).

Dia menjelaskan bahwa barang bukti yang berhasil diamankan yaitu sabu 158,8 gram, ganja 17,3 kilogram, dan ekstasi 5 butir.

"Itu adalah total dari tindakan pidana dan jumlah barang bukti," ujar Stevanus. 

Dia menjelaskan bahwa ada dua kasus yang paling besar yang berhasil diungkap oleh Polda Sumbar. Pertama, tersangka AC (38) dengan barang bukti yang berhasil diamankan yaitu 20 paket narkotika golongan satu seberat 15.242,34 gram, 1 timbangan, 1 unit sepeda motor, dan 1 HP. Tempat kejadian yaitu di Padang. 

Selanjutnya, kasus besar lainnya yang berhasil diungkap Polda Sumbar adalah di Agam. Tersangka berinisial RF dan AK dengan barang bukti yang berhasil diamankan yaitu 1 paket besar diduga narkotika jenis sabu seberat 99,96 gram. 

"Itu kasus di bulan Januari yang cukup besar," ujarnya. 

Lebih lanjut Wadirnarkoba AKBP Rudi Yulianto menjelaskan bahwa pengungkapan kasus narkoba oleh Polda Sumbar tersebut merupakan bentuk komitmen Polda Sumbar untuk memberantas peredaran narkoba di Sumbar. Hampir tiap hari Polda Sumbar melakukan penyelidikan pengedaran narkoba. "Ini tidak berhenti di sini. Tapi akan dikembangkan lebih lanjut berdasarkan bukti-bukti yang ada," ujarnya.

Selain pengungkapan melalui Polda Sumbar, 19 Polres kabupaten atau kota berhasil mengungkap kasus peredaran narkoba di wilayah hukumnya. 

"Jika ditotal semuanya ada 107 kasus dengan tersangka 161 orang," ujarnya. Barang bukti yaitu sabu 438,42 gram, ganja 44,34 kilogram, dan ekstasi sebanyak 132 butir. 

"Rata-rata di antara mereka adalah penyalahgunaan narkoba pengedar narkoba sekaligus pemakai. 

Dalam mengungkap kasus ini Polda Sumbar melakukan pembelian terselubung kepada pengedar narkoba ini," jelas Rudi. 

Dia berharap penangkapan ini bisa mengurangi jumlahnya peredaran narkoba di Sumbar.

(fkz/don)

Catatan redaksi: terdapat berubahan judul dari yang sebelumnya "Sepanjang Januari 2020, Polda Sumbar Ungkap 107 Kasus Peredaran Narkoba" menjadi "Polda: Sepanjang Januari 2020, Terungkap 107 Kasus Peredaran Narkoba di Sumbar"

Berita Terkait

Baca Juga