Pemerintah Nagari Duo Koto dan Masyarakat Bersihkan Bangkai Ikan di Danau Maninjau

Pemerintah Nagari Duo Koto dan Masyarakat Bersihkan Bangkai Ikan di Danau Maninjau Pemerintah Nagari Duo Koto dan Masyarakat Bersihkan Bangkai Ikan di Danau Maninjau, Kamis (6/2/2020)(Foto: Covesia/ Johan)

Covesia.com - Pemerintah nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) lakukan pembersihan bangkai ikan yang berada di permukaan danau Maninjau, Kamis (6/2/2020).

Walinagari Duo Koto, Joni Safri mengatakan, Untuk kondisi terparah terjadi di Jorong Tanjung Batung, puluhan petak Ikan Karamba Jaring Apung (KJA) masyarakat mati dengan total kerugian mencapai Rp 200 Juta.

"Ada yang siap panen dan masih ada berupa bibit jika dijumlahkan sekitar 30 ton ikan," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Kamis.

Mengantisipasi kematian dalam jumlah yang lebih besar, pemerintah nagari duo koto bersama masyarakat langsung melakukan pembersihan bangkai ikan yang berada di permukaan danau. 

"Untuk para petani kita mengingatkanagar tidak membuang ikan mati ke danau, evakuasi ke darat kemudian dikubur, hal itu untum mencegah terjadinya polusi dan kematian ikan dalam jumlah yang lebih besar," lanjutnya.

Saat ini pihaknya sudah mengeluarkan lebih kurang 10 ton bangkai ikan, dan saat ini masuh terus melakukan evakuasi.

Sementara itu untuk saat ini kematian ikan masih terjadi di KJA masyarakat setempat, pihaknya menghimbau untuk segera memindahkan ikan yang masih hidup ke darat agar kerugian bisa dikurangi.

"Kita menghimbau masyarakat untuk menghentikan kegiatan budidaya ikan untuk sementara waktu serta segera evakuasi ikan ke kolam darat," jelasnya.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga