Hendak Dapatkan Pupuk Bersubsidi, Petani di Pariaman Diimbau Bergabung Kelompok E-RDKK

Hendak Dapatkan Pupuk Bersubsidi Petani di Pariaman Diimbau Bergabung Kelompok ERDKK Kadis Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril

Covesia.com - Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, mengimbau agar petani di daerah itu untuk bisa mendapatkan pupuk bersubsidi, maka harus bergabung ke dalam kelompok E-RDKK secara sistem elektronik.

"Sebab dasar penyaluran pupuk bersubsidi ini adalah Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK)," kata Kadis Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril pada Rabu (5/2/2020).

Lanjut Dasril, di mana RDKK ini sejak tahun 2018 lalu sudah berubah menjadi E-RDKK, yaitu melalui aplikasi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 

"Jadi dengan sistem input E-RDKK ini secara eletronik yang diinput melalui Bank Mandiri, tujuannya untuk mensiasati agar kebutuhan petani tepat sasaran," jelasnya. 

Dasril menyebutkan, agar bisa tergabung untuk mendapatkan pupuk bersubsidi maka petani harus melengkapi, di mana petani tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan memiliki luas lahan maksimal 2 Ha.

Sampai sekarang, untuk petani yang sudah terdata di empat kecamatan se Kota Pariaman adalah sebanyak 2420 orang, dengan total luas tanam 6.222,05 HA, Pupuk Urea 585.507 Kg, Pupuk NPK 842.802 Kg, Pupuk ZA 315.591 Kg, Pupuk SP-36 290.889 Kg, Pupuk Urea 132.383 Kg.

"Tapi jika masih ada petani yang ingin mendaftar, diberikan kesempatan setiap tanggal 20 hingga 25 pada setiap bulannya," katanya.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga