Perayaan Imlek 2571 di Padang, Klenteng See Hin Kiong Ramai Dikunjungi Warga dari Luar Daerah

Perayaan Imlek 2571 di Padang Klenteng See Hin Kiong Ramai Dikunjungi Warga dari Luar Daerah Klenteng See Hin Kiong di Padang yang ramai dikunjungi warga, Sabtu (25/1/2020)(Foto: covesia/ laila)

Covesia.com - Tahun ini masyarakat Tionghoa yang tinggal di berbagai belahan dunia tengah merayakan Tahun Baru Imlek 2571. Tak hanya di China, keturunan Tionghoa yang tinggal di Indonesia pun turut memeriahkannya.

Selain melakukan ibadah perayaan Imlek lekat dengan pernak pernik khasnya mulai dari lampion, pakaian khas berwarna merah sampai pementasan barongsai.

Tahun baru Imlek kali ini begitu berbeda yang dirasakan oleh salah seorang warga Sijunjung. Ditemui Covesia, Ilas (39) mengatakan ia hanya mengantar mertuanya untuk beribadah.

"Saya sendiri seorang muslim, mertuanya saya datang dari Dumai dan ingin beribadah maka kami sekeluarga mengantar sampai sini (luar Klenteng)," ungkapnya kepada Covesia, Sabtu (25/1/2020).

Tak hanya Ilas, Hendri yang berasal dari Medan juga datang ke Klenteng See Hin Kiong yang berdiri di jalan Pondok, Padang juga mengatakan hal yang sama.

"Saya ke sini antar Mama, saya Nasrani, makanya gak ikut ibadah ke dalam," ujarnya.

Hendri mengatakan sudah beberapa kali mengantar mamanya ke tempat ibadah tersebut. Katanya tahun ini terlihat lebih menarik pernak-perniknya.

Tak hanya itu meskipun seorang Nasrani Hendri memiliki pengetahuan tentang budaya masyarakat Tionghoa. Ia mengatakan bahwa biasanya di keluarganya ada makanan yang wajib ada setiap Imlek yakni kue keranjang.

"Selain itu, jeruk, apel juga nanas biasanya ada disediakan oleh keluarga Tionghoa. Juga angpao yang biasanya bervariasi isinya tergantung dari kesanggupan orang yang memberi," jelasnya.

Hendri mengatakan hiasan di Klenteng See Hin Kiong Padang ini tiap tahunnya memiliki kekhasan yang berbeda. "Semoga ke depannya terus lebih baik lagi," harapnya.

(ila/don)

Berita Terkait

Baca Juga