UPZ Yayasan Alumni FK Unand Serahkan Beasiswa kepada Mahasiswa Dhuafa

UPZ Yayasan Alumni FK Unand Serahkan Beasiswa kepada Mahasiswa Dhuafa 28 mahasiswa yang menerima beasiswa dari UPZ Yayasan Alumni FK Unand, Sabtu (25/1/2020)(Foto: Fakhru)

Covesia.com - Unit Penghimpunan Zakat (UPZ) Yayasan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa dhuafa FK Unand. Jumlah penerima beasiswa sebanyak 28 mahasiswa dan berasal dari tahun masuk 2016-2019.

"Bagi mahasiswa yang sangat membutuhkan, seperti mereka tinggal di kontrakan, kerja orang tua serabutan, ada juga ayahnya yang sakit, bersaudara banyak, kita kasih satu juta setiap bulannya. Sementara, bagi yang membutuhkan, seperti tinggal di rumah sendiri, orang tuanya masih berpenghasilan dan sehat, kita kasih tujuh ratus lima puluh ribu rupiah per bulannya," ujar Manager Operasional UPZ Alumni FK Unand Ali Margosim saat ditemui Covesia usai acara penyerahan beasiswa di FK Unand, Sabtu (25/1/2020).

Dia menjelaskan bahwa mahasiswa menerima beasiswa tersebut mulai awal tahun ini hingga mereka tamat kuliah dari Unand. "Hingga mereka berhasil meraih gelar sarjana kedokteran. Jika masih butuh, kita akan tetap memberikan mereka beasiswa hingga mereka menyelesaikan koas. Pokoknya, selama mereka masih berstatus sebagai mahasiswa FK Unand," ujarnya. 

Ali menjelaskan bahwa latar belakang pemberian beasiswa yaitu sebagai bentuk kepedulian alumni FK Unand kepada mahasiswa FK Unand yang kurang mampu dari segi ekonomi, tapi memiliki prestasi akademik yang bagus. Penerima beasiswa ini harus memiliki IPK minimal tiga. 

Dia pun tidak memungkiri bahwa ada mahasiswa FK Unand yang terpaksa mengambil cuti karena tidak mampu membayar Uang Kuliah Tunggal. Ada juga mahasiswa FK Unand yang terpaksa mundur dari studinya karena tidak adanya biaya bulanan. "Kita tahu Fakultas Kedokteran ini kebutuhannya banyak. Untuk praktikum saja biayanya besar. Belum lagi biaya tugas-tugas yang lain," jelasnya.

Ali menjelaskan bahwa sumber dana beasiswa berasal dari zakat dan donasi dari alumni FK Unand se-Indonesia. 

"Kita berharap dengan pemberian beasiswa ini tidak ada lagi mahasiswa yang terpaksa mengambil cuti atau mundur dari studi karena biaya. Kita juga berharap dengan pemberian beasiswa ini muncul generasi muda mahasiswa yang cerdas secara keilmuan tapi juga berakhlak mulia sehingga mereka kepedulian yang sama kepada almameter," jelasnya.

Selain 28 mahasiswa penerima beasiswa, UPZ Yayasan Alumni FK Unand akan menambah kuota penerima beasiswa kepada 14 mahasiswa. Rencananya 14 mahasiswa tersebut ditargetkan akan mulai menerima beasiswa mulai Februari tahun ini. "Total ada 42 penerima beasiswa. Yang 14 orang lagi sekarang sedang masih dalam tahap verivikasi. Ditargetkan Februari bisa menerima," jelasnya.

Lebih lanjut, Ali menambahkan bahwa UPZ Yayasan Alumni FK Unand sudah berdiri sejak Desember 2018 dan diinisiasi oleh alumni FK Unand yang memiliki kepedulian terhadap almameter. 

Selain pemberian beasiswa kepada mahasiswa, UPZ yayasan alumni FK Unand juga sudah mendirikan rumah singgah di kawasan Jati Padang. Rumah singgah tersebut diperuntukkan bagi pasien yang berasal dari luar daerah dan ingin menjalani rawat jalan di rumah sakit yang ada di Kota Padang. Setiap pasien boleh ditemani oleh satu atau dua anggota keluarga.

Selain itu, UPZ Yayasan Alumni FK Unand juga sudah mendirikan Masjid Alumni FK Unand di Siberut Barat Daya Mentawai. Kata Ali, yayasan juga mengirimkan da'i ke sana. Pihak yayasan juga berencana mendirikan Masjid Alumni FK Unand II di Siberut Utara Mentawai. "Dananya dihimpun dari alumni," jelasnya. 

(fkz/don)


Berita Terkait

Baca Juga