BKSDA Agam Tutup Kawasan Cagar Alam Maninjau di Marambuang Hingga 3 Bulan Kedepan

BKSDA Agam Tutup Kawasan Cagar Alam Maninjau di Marambuang Hingga 3 Bulan Kedepan BKSDA Sumbar Saat memantau Bunga Rafflesia Tuan-mudae Di Jorong Marambuang Agam, beberapa waktu yang lalu (Foto: dok.bksda)

Covesia.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) Tutup Kawasan Bunga Rafflesia Tuan-mudae di Hutan Cagar Alam, Jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Pembayan, Kabupaten Agam.

Kepala Seksi Wilayah I BKSDA Sumbar Khairi Ramadhan Melalui Pengendali Ekosistem Hutan, (PEH) Ade Putra Mengatakan, Penutupan kunjungan kelokasi dilakukan semenjak awal januari 2020 ini. 

Hal ini bertujuan untuk memulihkan ekosistem bunga tersebut pasca banyaknya kunjungan hingga akhit tahun 2019 kemarin.

"Bunga Rafflesia Tuan-Mudae di Jorong marambuang ini tercatat sebagai ukuran terbesar dari jenis rafflesia di seluruh dunia, hal itu merangsang banyak masyarakat dan wisatawan untuk berkunjung sehingga kawasan tersebut sedikit bertubah dari bentuk aslinya," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Kamis (23/1/2020).

Dikatakan Ade, penutupan kunjungan kekawasan tersebut dilakukan selama 3 bulan kedepan, meski sudah bisa dikunjungi, masyarakat dihimbau untuk tidak merusak maupun merubah bentuk lingkungan hutan.

"Untuk larangan ini kita sudah mensoaialisasikan kepada masyarakat sekitar serta bisa memberitahu pengunjung jika ada yang hendak menuju kawasan hutan," tutupnya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga