Unik, Bunga Rafflesia di Agam Mekar di Batang Pohon

Unik Bunga Rafflesia di Agam Mekar di Batang Pohon Bunga Rafflesia Arnoldi yang mekar di batang pohon di Jorong Data Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam (Foto: dok.bksda)

Covesia.com - Satu kuncup bunga langka jenis Rafflesia Arnoldi mekar sempurna di Jorong Data Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), tidak seperti biasanya bunga tersebut mekar di batang pohon dengan ketinggian sekitar 2 meter.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) Agam, Ade Putra mengatakan, Bunga tersebut mekar sempurna hari ketiga.

Biasanya Bunga Rafflesia itu tumbuh di pohon karena inangnya berupa tumbuhan akar jenis tetrastigma yang melilit batang pohon medang sampai ke pucuknya namun bunga akan tumbuh di sela-sela akar pohon maupun di atas tanah dengan kelembaban tinggi.

"Biasanya bunga Rafflesia tumbuh di tanah yang lembab atau antara akar pohon, namun ini di batang pohon dengan ketinggian sekitar 2 meter," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Kamis (23/1/2020).

Dijelaskan Ade, untuk Jorong Data Sungai Dingin, terdapat 2 titik sebaran bunga Rafflesia dengan jarak sekitar 150 meter. Saat ini di dua lokasi sudah ada individu bunga yang sudah melewati masa mekar sempurna dan juga ditemukan beberapa bongkolan yang akan mekar dalam waktu beberapa bulan kedepan.

Untuk menuju lokasi, BKSDA telah memasang rambu-rambu penunjuk arah, serta bisa meminta pendampingan kepada BKSDA Resor Agam.

Untuk mengantisipasi rusaknya ekosistem bunga pihaknya sudah memasang papan informasi dan papan larangan untuk tidak merusak maupun mengganggu habitatnya.

(han/don)



Berita Terkait

Baca Juga