Fenomena Pelangi Kembar Terlihat di Langit Kota Padang

Fenomena Pelangi Kembar Terlihat di Langit Kota Padang Foto: Fakhruddin Arrazzi

Covesia.com - Langit Kota Padang Provinsi Sumatera Barat dihiasi oleh fenomena pelangi kembar. Fenomena alam yang disebut juga sebagai "double rainbow" tersebut terjadi, Selasa (21/1/2020) beberapa saat sebelum menjelang matahari terbenam.

Berdasarkan pantauan Covesia, di langit arah timur laut Kota Padang, terlihat dua busur pelangi dalam waktu bersamaan. Satu busur pelangi tampak jelas pembiasan tujuh warnanya. Sedangkan satu pelangi lainnya terlihat tidak sejelas pelangi yang pertama.

Pelangi kembar tersebut berangsur-angsur menghilang ketika jam mendekati sekitar 08.15 WIB. Fenomena alam tersebut memang jarang terjadi di Kota Padang.

Yudha Nugraha selaku Kasi Observasi dan Informasi Stasiun BMKG Minangkabau saat dihubungi Covesia via pesan Whatsapp menjelaskan bahwa pelangi merupakan fenomena cuaca normal yang terjadi akibat adanya pembiasan cahaya matahari melewati titik-titik hujan. 

"Untuk kondisi yang dimaksud, biasa dikenal dengan double rainbow atau pelangi ganda," ujarnya.

Lebih lanjut, Yudha mengatakan bahwa fenomena pelangi ganda terjadi disebabkan adanya cahaya matahari mengalami dua kali pembiasan oleh titik-titik air

"Sehingga terdapat dua busur pelangi, yakni busur dalam yang lebih cerah warnanya dan busur luar pelangi yang lebih kabur," jelasnya.

Yudha menambahkan bahwa tidak ada fenomena khusus yang dapat terjadi setelah munculnya dua  pelangi dalam waktu bersamaan tersebut.

(rul/adi)

Berita Terkait

Baca Juga