Pengerjaan Jalan Pengalihan Padang Kalam Agam Ditargetkan Selesai Februari.

Pengerjaan Jalan Pengalihan Padang Kalam Agam Ditargetkan Selesai Februari (Foto: BPBD Agam)

Covesia.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) targetkan pengerjaan pembangunan jalan pengalihan di Padang Kalam, Jorong Pematang Panjang, Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari, selesai akhir Februari 2020.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam M Luthfie AR melalui Kabid KL Syafrizal mengatakan, pengerjaan badan jalan pengalihan ini sudah dilaksanakan, saat ini masuk kepada tahap pembersihan dan pembuatan badan menggunakan alat berat.

"Untuk pengerjaan memerlukan waktu sekitar dua bulan dan secepatnya bisa dilalui kendaraan," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com saat memantau pengejaan jalan darurat Selasa (21/1/2020).

Dijelaskan Syafrizal, Jalan penghubung Nagari Batu Kambing ke Bawan ini amblas tergerus aliran air sungai beberapa bulan yang lalu. Hancurnya badan jalan menyulitkan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk melintas.

"Yang tergerus aliran sungai hampir seluruh badan jalan, jadi untuk melintas, pengendara melalui lahan masyarakat, itu pun tidak bertahan lama apalagi saat musim penghujan," jelasnya.

Untuk pembuatan jalan baru ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, nagari, serta pemilik lahan yang akan digunakan sebagai jalan baru.

"Alhamdulillah, hasil kesepakatan jalan sudah bisa di bangun dan pengerjaan sudah bisa dilaksanakan, kita upayakan selesai secepat mungkin," tutupnya.

(han/utr)

Berita Terkait

Baca Juga