BKSDA: Lokasi Serangan Harimau Ke Hewan Ternak di Agam Berada di Kawasan Cagar Alam

BKSDA Lokasi Serangan Harimau Ke Hewan Ternak di Agam Berada di Kawasan Cagar Alam Seekor Sapi warga yang ditemukan mati dengan penuh luka, diduga diterkam harimau di Kampung Melayu, Jorong II Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (20/1/2020)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA)  Resor Agam pastikan, lokasi serangan harimau kepada hewan ternak di Jorong Kampung Melayu, Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam Senin (20/1/2020) kemarin berada di kawasan hutan cagar alam Maninjau.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Agam, Ade Putra mengatakan, hal tersebut disimpulkan berdasarkan hasil pemantauan titik koordinat saat melaksanakan identifikasi lapangan dilokasi kejadian.

"Lokasi kejadian adalah berada dihabitat harimau sumatera itu sendiri yaitu dalam kawasan hutan cagar alam Maninjau yang berjarak lebih dari tiga kilometer dari pemukiman terakhir warga Kampung Melayu Nagari Lubuk Basung," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Selasa (21/1/2020).

Berdasarkan hasil identifikasi lapangan ditemukan tanda-tanda keberadaan satwa berupa jejak yang diduga Harimau Sumatera. Dan hasil analisa dari jejak, satwa dipastikan hanya satu ekor

"Sebelumnya dilaporkan masyarakat  bahwa ternak dilukai oleh dua ekor Harimau Sumatera, hal itu diperkirakan karena ada dua ukuran jejak yang berbeda namun setelah kita identifikasi disimpulkan hanya ekor Harimau," lanjutnya.

Terkait peristiwa itu BKSDA mengimbau warga untuk tidak melepaskan dan menggembalakan ternaknya di dalam kawasan cagar alam Maninjau dan tetap berhati-hati ketika berada dekat kawasan hutan cagar alam.

Sebelumnya dilaporkan satu ekor ternak sapi milik Maswir (38) warga Kampung Melayu Jorong Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung, Agam terluka akibat diterkam satwa harimau.

Menanggapi peristiwa tersebut Pihak BKSDA Agam langsung menurunkan tim untuk melakukan langkah-langkah penanganan di lokasi kejadian.

(han/utr)

Berita Terkait

Baca Juga