Sempat Tertutup Material Longsor, Akses Jalan Lintas Sumatera di Sijunjung sudah Bisa Dilalui

Sempat Tertutup Material Longsor Akses Jalan Lintas Sumatera di Sijunjung sudah Bisa Dilalui Sempat Tertutup Material Longsor, Akses Jalan Lintas Sumatera di Sijunjung sudah Bisa Dilalui kendaraan, Selasa (21/1/2020)(Foto: humas polres sijunjung)

Covesia.com - Curah hujan yang berintensitas sangat tinggi mengakibatkan bencana alam tanah longsor dan banjir di Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat, Selasa (21/1/2020).

Kaur Humas Polres Sijunjung Iptu Nasrul Nurdin saat dihubungi Covesia via Whatsapp mengatakan bahwa bencana tanah longsor terjadi di Jalur Lintas Sumatera KM 170 dari Padang di Nagari Muaro Takung. Tanah longsor ini sempat mengakibatkan akses jalan tertutup dua arah. Selain itu, tanah longsor di lokasi ini mengakibatkan satu unit rumah milik warga bernama Kenedi pindah ke tengah jalan lintas Sumatera.

Iptu Nasrul juga menyebutkan, bencana tanah longsor juga terjadi di Jalur Lintas Sumatera KM 2 Sumbar - Riau di Jorong Batang Talang Nagari Muaro Takung. "Penumpukan material sekirar 10 meter menutup jalan lintas Sumatera Sumbar - Riau mengakibatkan jalur lintas tertutup dua arah," ujarnya.

Selain tanah longsor, di Kabupaten Sijunjung, juga terjadi banjir setinggi paha orang dewasa di depan Bank BRI unit Kiliran Jao di Jorong Sungai Tambang II Nagari Kunangan Parik Rantang Kecamatan Kamang Baru. 

Nasrul mengatakan bahwa Polres Sijunjung berupaya melakukan pengamanan di lokasi kejadian. Pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti PUPR dan BPBD Kabupaten Sijungjung untuk mendatangkan alat berat untuk membuang material longsor dari badan Jalan. "Dan pekerjaan menyingkirkan material di bahu jalan sudah dilaksanakan," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa jalan telah bisa dilalui sekitar 10.30 WIB tadi. Masyarakat bersama instansi terkait sudah berupaya membersihkan badan jalan. Alat berat milik PUPR pun sudah datang ke lokasi. "Untuk kelancaran lalu lintas diatur personel Polres dan Polsek Kamang Baru dan BPBD Kabupaten Sijunjung," jelasnya saat ditanyakan bagaimana kondisi terkini. 

Nasrul menegaskan bahwa material longsor yang menutupi akses Jalan Lintas Sumatera di dua titik longsor tersebut sudah dibersihkan dari bahu jalan. Sehingga kendaraan pun bisa melalui dengan aman. " Saat ini arus lalu lintas sudah lancar kembali," ungkap Nasrul.

Dia juga mengatakan bahwa genangan air pun sudah mulai susut.

(fkz/don)

Berita Terkait

Baca Juga