Wali Kota Pariaman Serahkan 214 Sertifikat Tanah Kepada Warga

Wali Kota Pariaman Serahkan 214 Sertifikat Tanah Kepada Warga Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyerahkan sertifikat tanah kepada warga

Covesia.com - Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyerahkan 214 sertifikat tanah kepada warga di kota itu. Sertifikat tersebut sudah didaftarkan melalui pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) di kota tersebut pada tahun 2019 lalu.

"Semoga dengan adanya sertifikat ini, maka akan dapat mempercepat pembangunan dan investasi di Kota Pariaman ini. Sebab dengan tanah yang sudah memiliki sertifikat maka investor dapat dengan mudah menginvestasikan uangnya ke Kota Pariaman karena memiliki kepastian hukum," sebut Genius Umar, Senin (20/1/2020).

Lanjut Genius, sertifikat itu sangat penting sebagai legalitas kepemilikan tanah dan mempunyai kepastian hukum yang jelas.

Selain itu, sertifikat juga bisa digunakan untuk modal kerja dan juga modal usaha, sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kemudian, kalau tanahnya sudah memiliki sertifikat pemerintah dalam membangun infrastruktur dan tata ruang Kota Pariaman kedepannya juga akan lebih dipermudah,” ucap Genius.

Genius menyebutkan, saat ini untuk Kota Pariaman sudah lebih 50 persen tanah masyarakat yang ada di kota ini memiliki sertifikat.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN Pariaman Rita Sastra mengatakan, PTSL di daerah itu pada 2019 dimulai September dengan kuota 250 sertikat namun yang terealisasi 214 sertifikat.

"PTSL tersebut terdapat di dua kecamatan yaitu Pariaman Tangah dan Pariaman Timur," kata dia.

Adapun lokasi di Kecamatan Pariaman Tengah yaitu Kelurahan Jati Hilir, Desa Jati Hilir, dan Desa Cimparuh, sedangkan Pariaman Timur yaitu Desa Bungo Tanjung, Desa Sungai Sirah, dan Desa Sungai Pasak.

(per/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga