Jumlah Penerima PKH di Agam Tahun 2020 Berkurang

Jumlah Penerima PKH di Agam Tahun 2020 Berkurang Kantor Dinas Sosial, Kabupaten Agam (Foto: Johan)

Covesia.com - Sudah Sejahtera, Penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2020 berkurang.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Agam Rahmi Artati melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Afri Yunanda mengatakan, Pengurangan pada tahun ini berjumlah 501 Keluarga Penerima Harapan (KPM) dari 16.327 KPM pada 2019 menjadi 15.826 KPM pada tahun 2020.

"Pengurangan Penerima bantuan PKH disebabkan beberapa faktor, diantaranya sudah dirasa mandiri, tidak ada tanggungan Pindah domisili dan meninggal dunia," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Jumat (17/1/2020).

Dijelaskan Afri Yunanda, pengurangan jumlah penerima PKH terjadi di seluruh kecamatan di Kabupaten Agam. 

Untuk jumlah penerimaan beragam tergantung jenis tanggungan, untuk ibu hamil menerima sebesar Rp2,4 juta per tahun, anak usia dini Rp2,4 juta per tahun, anak SD Rp 900 ribu per tahun, SMP Rp1,5 juta per tahun, SMA Rp2 juta per tahun, disabilitas berat Rp2,4 juta per tahun serta lanjut usia Rp2,4 juta per tahun.

"Bagi penerima PKH, bantuan dikirim langsung ke rekening penerima di Bank yang ditunjuk sebagai penyalur setiap tiga bulannya," Tutupnya.

(han/nod)


Berita Terkait

Baca Juga