Tim Gabungan Lakukan Pembersihan Material Longsor di Jorong Tanjung Sawah Tanah Datar

Tim Gabungan Lakukan Pembersihan Material Longsor di Jorong Tanjung Sawah Tanah Datar Tampak dua alat berat yang dikerahkan BPBD Tanah Datar untuk membersihkan material longsor dan banjir Bandang di daerah itu, Jumat (17/1/2020) Foto: Debi Kurnia

Covesia.com - Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Tanah Datar, pihak kepolisian, Damkar, PMI, dan Satgas Nagari melakukan pembersihan di lokasi longsor dan banjir bandang di Jorong Tanjung Sawah, kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. 

"Pembersihan mulai dilakukan tim gabungan agar jalan penghubung dua nagari itu kembali bisa dilewati," kata Kalaksa BPBD Tanah Datar, Thamrin, Jumat (17/1/2020).

Pasca longsor dan banjir bandang yang terjadi pada Jumat (17/1/2020) sekitar pukul 06.00 WIB menyebabkan jalan antar dua nagari terputus karena material longsor menutupi jalan propinsi itu. 

Pembersihan material longsor, BPBD Tanah Datar mengerahkan 2 unit alat berat serta melakukan penyemprotan di jalan dari lumpur dan bebatuan yang menghambat jalan sehingga menyulitkan warga untuk melintas. 

"Untuk korban yang terdampak longsor dan banjir bandang itu telah diungsikan ke rumah sanak saudara mereka yang terdekat," ucapnya. 

Sementara untuk kebutuhan korban terdampak, tambahnya sepenuhnya dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. 

"Hari ini fokus pembersihan jalan dan besok dilanjutkan pemulihan lingkungan, termasuk pemulihan kembali air bersih," sebutnya. 

(deb/don)



Berita Terkait

Baca Juga