KPU: Sudah Ada 8 Pasangan Independen Balon Kepala Daerah di Sumbar

KPU Sudah Ada 8 Pasangan Independen Balon Kepala Daerah di Sumbar Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani dalam kegiatan ngopi 2020 dengan awak media di Padang, Kamis (16/1/2020).

Covesia.com - Dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) terhitung sejak Kamis 16 Januari 2020, sudah ada sebanyak 8 pasang bakal calon (balon) kepala daerah yang telah mengajukan diri sebagai kandidat independen dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 di Provinsi dan Kabupaten/ Kota di Sumbar.

"Untuk saat ini sudah ada delapan pasang nama, satu di tingkat Provinsi dan selebihnya ada di kabupaten dan kota," jelas Komisioner KPU Sumbar Divisi Teknis Penyelenggaraan, Izwaryani dalam kegiatan ngopi 2020 dengan awak media di Padang, Kamis (16/1/2020).

Ia menjelaskan, jumlah calon perseorangan jelang pilkada 2020 ini lebih banyak dibandingkan pilkada sebelumnya. Pada pilkada 2015, hanya ada satu calon perseorangan yakni di Kota Bukittinggi.

"Sekarang sudah ada 8 calon perseorangan yang sudah menyerahkan mandat ke KPU dan mengambil pasword Silon. Kemudian kabarnya juga masih ada lagi calon independen lain yang akan mengambil password Silon ke KPU," sebut Izwaryani.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, penyerahan persyaratan di tingkat KPU Sumbar untuk bakal calon gubernur dan wakil mulai tanggal 16 hingga 20 Februari. Sedangkan untuk bakal calon pasangan wali kota dan wakil serta bupati dan wakil bupati mulai tangggal 19 hingga 23 Februari 2020.

Kemudian untuk jumlah dukungan bagi bakal calon gubernur dan wakil sebanyak 316.051, tapi kata Izwaryani kemungkinan nanti akan digenapkan jadi 400 ribu. Jadi pada saat verifikasi, jika ada yang tidak masuk maka ada dukungan penggantinya.

Berikut nama bakal calon kepala daerah dari jalur independen yang sudah mengajukan dirinya ke KPU untuk menjadi kandidat Gubernur Sumbar yakni Fakhrizal - Genius Umar. Kemudian di Bukittinggi M Ramlan Nurmatias - Shahrizal Dt Palang Gagah, lalu dari Limapuluh Kota Ferizal Ridwan - Nurkhalis, dan Maskar M Dt Pobo dan Masril.

Sedangkan untuk di Kabupaten Agam ada Mishar - Syamsul Bahri. Pasaman Barat Agus Susanto - Rommy Candra, Kabupaten Solok Hendra Saputra - Mahyuzil Rahmat, dan Sijunjung Endre Syaiful - Hasnul Hadi.

(don)



Berita Terkait

Baca Juga