Buaya Bertelur di Kebun Sawit, Warga Ujuang Labuang-Agam Resah

Buaya Bertelur di Kebun Sawit Warga Ujuang LabuangAgam Resah Buaya jenis muara tertangkap kamera sedang bertelur di kebun sawit di Jorong Ujuang Labuang, kabupaten Agam (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Masyarakat Jorong Ujuang Labuang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Diresahkan dengan munculnya satu ekor buaya jenis muara di kebun sawit dekat pemukiman warga.

Kasi PNM Kecamatan Tanjung Mutiara, Weri Ikhwan mengatakan, Kemunculan buaya tersebut baru diketahui beberapa hari terakhir dan diduga reptil tersebut sedang mencari lokasi untuk bertelur.

"Lokasinya di perkebunan sawit dan tidak jauh dari tempat bertelur buaya pada tahun lalu," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Kamis (16/1/2020).

Dilanjutkan Weri Ikhwan, dekatnya lokasiĀ  buaya hendak bertelur dengan pemukiman masyarakat ditakutkan akan menyerang ternak maupun manusia mengingat buaya akan lebih agresif saat musim kawin dan bertelur.

"Disini banyak anak-anak serta masyarakat yang mengembalakan hewan ternak, kita takut akan diserang buaya," lanjutnya.

Pihaknya sudah mengimbau masyarakat untuk tidak berada dan mengembala ternak di sekitar lokasi untuk mengantisipasi terjadinya serangan buaya kepada manusia dan hewan ternak.

Terkait penemuan tersebut, Pemerintah Kecamatan Tanjung Mutiara sudah melakukan koordinasi dengan BKSDA Agam untuk penanganan lebih lanjut. "Kita sudah menghubungi BKSDA dan mereka mengatakan akan menuju lokasi secepatnya," tutupnya.

(han/don)



Berita Terkait

Baca Juga