Pascakebakaran di Padang Theater, Ini Tanggapan Dinas Perdagangan Soal Bantuan untuk Para Pedagang

Pascakebakaran di Padang Theater Ini Tanggapan Dinas Perdagangan Soal Bantuan untuk Para Pedagang Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal (Foto: Covesia/ Fakhruddin)

Covesia.com - Dinas Perdagangan Kota Padang akan memperbaiki 12 los dan 2 kios milik pedagang yang dilahap si jago merah di Lantai II Padang Theater Kota Padang Provinsi Sumatera Barat setelah tim forensik Polresta Padang mengeluarkan hasil pemeriksaan penyebab kebakaran.

"Pertama, kita menunggu dulu hasil dari forensik," ujar Endrizal selaku Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang usai mengikuti acara serah terima jabatan Satpol PP Padang dari pejabat lama ke pejabat baru di Lapangan Satpol PP Padang, Rabu (15/1/2020).

Meski demikian, kata Endrizal, Dinas Perdagangan Kota Padang mengizinkan para pedagang yang los atau kiosnya terbakar untuk menempati los atau kios lain yang kosong di kawasan Padang Theater. Hal ini terjadi jika hasil pemeriksaan oleh tim forensik lama keluar atau para pedagang tersebut ingin segera berjualan. "Di kawasan Padang Theater sendiri. Di Blok juga bisa," katanya.

Dia mengatakan bahwa, sampai saat ini, para pedagang yang kios atau losnya dilahap si jago merah belum bisa berjualan. Dia akan mengajak para pedagang tersebut untuk berdiskusi. Ada 16 pedagang yang terdampak akibat kebakaran itu. "Kita akan berdiskusi solusi bagaimana jalan sebaiknya," ujarnya. 

Terkait bantuan uang kepada pedagang yang kios atau losnya kebakaran, Endrizal mengatakan bahwa tidak ada bantuan dari Pemerintah Kota Padang. "Di aturannya memang tidak boleh," ujarnya. Oleh karena itu, Endrizal mengatakan bahwa untuk bantuan uang sendiri bisa diperoleh pedagang dari CSR atau Baznas. 

Sebagaimana diketahui, hari ini adalah hari kesebelas pascakebakaran di sejumlah los dan kios di Lantai II kawasan Padang Theater Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Wartawan Covesia.com berkunjung ke lokasi tersebut siang tadi, dan menemukan belum ada aktivitas perdagangan di los atau kios yang terbakar. Para pedagang mengeluhkan belum adanya bantuan modal atau perbaikan tempat usaha hingga hari ini. Mereka pun mempertanyakan kapan Pemko Padang akan menurunkan bantuan modal dan perbaikan tempat usaha. 

(fkz/don)


Berita Terkait

Baca Juga