Pertama, KPU Bukittinggi Berikan Silon ke Balon dari Perseorangan 

Pertama KPU Bukittinggi Berikan Silon ke Balon dari Perseorangan  Ketua KPU Bukittinggi, Benny Aziz (Foto: Covesia/ Debi)

Covesia.com - Pertama di Sumbar, Komisi pemilihan umum kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) memberikan pasword dan username silon ke operator yang telah memberikan mandat ke KPU dari pasangan bakal calon dari perseorangan untuk pemilihan kepala daerah di kota itu. 

"KPU Bukittinggi telah menerima mandat dari pasangan bakal calon dari jalur perseorangan Ramlan Nurmantias dan Syahrizal Dt palang Gagah dan dengan itu juga diberikan username dan pasword silon kepada operator tim balon itu," ungkap Ketua KPU, Benny Aziz, Rabu (15/1/2020).

Ia menjelaskan KPU Bukittinggi baru memberikan satu username dan pasword silon ke operator dari jalur perseorangan yang telah menyerahkan mandat. Namun KPU telah menerima tiga konsultasi dari bakal calon dari jalur perseorangan akan tetapi belum menyerahkan mandat. 

"Pemberian username dan pasword silon ke operasi tim untuk menginput data dari syarat dukungan perseorangan," katanya. 

Ia menambahkan nantinya KPU akan melakukan verifikasi lapangan dari dukungan terhadap pasangan itu melalui sistem yang diinput oleh tim balon itu. 

"Ini sistem informasi pencalonan syaratnya surat dukungan dari masyarakat yang ditandai dengan tanda tangan," ujarnya. 

Ia menyebutkan syarat dukungan bagi bakal calon dari perseorangan wajib melampirkan dukungan 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap terakhir. 

"Ini syarat mutlak bagi bakal calon dari perseorangan," katanya. 

(deb/don) 


Berita Terkait

Baca Juga