Sakit Radang Paru-Paru Kasus Terbanyak Dilayani oleh RSUD Kota Pariaman

Sakit Radang ParuParu Kasus Terbanyak Dilayani oleh RSUD Kota Pariaman RSUD Pariaman

Covesia.com - Dari 10 penyakit yang mendominasi sepanjang 2019 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Pariaman, penyakit radang paru-paru merupakan kasus terbanyak yang dilayani oleh RSUD tersebut. 

"Tahun kemaren pasien pneumenia atau penyakit radang paru-paru yang mendominasi dibandingkan penyakit lainnya. Tercatat ada sekitar 309 orang pasien yang kami layani," sebut Direktur RSUD Kota Pariaman, Indria Velutina pada Selasa (14/1/2020).

Lanjut Indria, sepuluh penyakit yang mendominasi itu adalah, Pneumonia, Neonatus Lahir SC, GEA, BP, NSTEMI, DHF, Sindrom Gawat Napas, CKR, Stroke Infark dan UAP.

"Namun diantara sepuluh penyakit itu, pasien yang banyaknya Pneumonia," ujar Indria.

Dikatakan Indria, untuk usia pasien penderita pneumenia atau penyakit radang paru-paru tersebut, rata-rata pasien yang masih berusia anak-anak. 

"Tercatat dari 309 pasien, sekitar 283 masih berusia anak-anak. Lebih rinci 185 berjenis kelamin laki-laki dan 98 perempuan. Dari jumlah tersebut terdapat 26 orang pasien meninggal dunia," ucapnya. 

Indria menyebutkan, terkait penyebab penyakit radang paru-paru tersebut, karena bakteri pneumenia yang disebabkan oleh faktor lingkungan yang kurang sehat.

"Selain penyakit radang paru-paru yang mendominasi disusul juga dengan pasien penyakit noenatus lahir sectio caesarea atau melahirkan dengan operasi, ada sekitar 205 pasien," jelasnya. 

Dari banyak pasien itu kata Indria, bukan hanya masyarkat yang berasal dari Kota Pariaman, tapi juga ada pasien yang berasal dari kota dan kabupaten lain.

Indria juga mengatakan, pada 2019 jumlah pasien rawat inap di RSUD Kota Pariaman, mencapai 8.919 orang. Untuk jumlah tersebut meningkat sedikit jika dibandikan dengan tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 8.227 orang pasien rawat inapnya.

(pri/utr)

Berita Terkait

Baca Juga