Spesialis Pencuri Dalam Jok Motor Diringkus Polres Payakumbuh 

Spesialis Pencuri Dalam Jok Motor Diringkus Polres Payakumbuh  Kapolres Payakumbuh, AKBP Donny Setiawan saat menginterogasi pelaku dalam konferensi pers di Mapolres Payakumbuh, Sabtu (11/1/2020) malam (Foto: Angga)

Covesia com - Polres Payakumbuh membekuk Wendi Pratama (32), Jumat (10/1/2020) dini hari. Pelaku ini ditangkap karena kerap mencuri barang-barang berharga milik masyarakat yang disimpan di dalam jok motor. Aksi ini telah dilakukan berulang kali dan berhasil menggasak uang puluhan juta rupiah.

Tindak kejahatan yang terbilang langka ini terungkap setelah aksi Wendi terekam cctv salah satu Bank di Kota Payakumbuh. Pasalnya, Wendi mencari sasaran korban di tempat keramaian yang membiasakan korban tengah membawa uang dan barang berharga.

"Tersangka kami bekuk di rumah orang tuanya di daerah Payobasung, Kota Payakumbuh. Sempat melawan dan terjadi adu jotos dengan petugas," kata Kapolres Payakumbuh, AKBP Donny Setiawan dalam konferensi pers di Mapolres Payakumbuh, Sabtu (11/1/2020) malam. 

Sampai tertangkap, Donny menyebutkan pelaku sudah beraksi sebanyak empat kali di sekitar wilayah hukum polres Payakumbuh. Aksinya selalu ditempat keramaian seperti di pasar, bank dan swalayan. 

Untuk melancarkan pencuriannya ini, pelaku menggunakan tas untuk menutupi tangannya agar tidak terlihat oleh orang lain tengah mencongkel jok motor korban. Keahlian ini di pelajari pelaku melalui video-video di dalam Youtube.

"Pelaku terinspirasi dari Youtube. Setiap beraksi selalu meletakkan sepeda motornya di samping sepeda motor korban. Lalu tangannya ditutup dengan tas seperti orang tengah mencek isi tas. Setelah barang berhasil di gasak, pelaku langsung kabur," kata Kapolres. 

Beruntung aksi pelaku terekam cctv di salah satu Bank dan langsung menjadi bahan dasar polisi untuk melakukan penyelidikan. Sampai akhirnya berhasil diciduk di rumah orang tuanya.

Sasaran korban motor yang bisa dicongkel adalah semua motor matic. Sedangkan motor manual hanya motor supra. Pasalnya jok motor ini memiliki kelenturan. 

Sedangkan penuturan pelaku dirinya melakukan pencurian ini karena tengah menganggur. Sebelumnya menjual ikan di Kota Pekanbaru.

"Karena saya tidak ada pekerjaan pak, makanya mencuri" sebutnya. 

(agg)


Berita Terkait

Baca Juga