Usai Hujan, Sampah dari Hulu Bermunculan di Pantai Muara Lasak Kota Padang

Usai Hujan Sampah dari Hulu Bermunculan di Pantai Muara Lasak Kota Padang Tampak tumpukan sampah di kawasan pantai Muaro Lasak, kota Padang, pasca hujan melanda daerah itu, Jumat (10/1/2020)(Foto: covesia/ fakhruddin)

Covesia.com - Hujan yang melanda Kota Padang Provinsi Sumatera Barat sejak Kamis (9/1/2020) siang hingga Jumat (10/1/2020) mengakibatkan sampah bertebaran di kawasan Pantai Muara Lasak.

Berdasarkan pengamatan Covesia.com, sekitar 14.00 Wib, sampah bertebaran di tepi pantai sepanjang lebih kurang seratus meter di kawasan itu. Air laut di Pantai Muara Lasak juga tampak berwarna kehitam-hitaman. 

Sampah ada yang berupa barang, kantong plastik, batang kayu, dan sebagainya. Sejumlah warga baik orang tua, dewasa, maupun anak-anak, tampak memanfaatkan momen tersebut untuk mencari barang bekas. 

Salah seorang warga, Andun Siregar (68), mengatakan bahwa sampah memang biasa bertebaran di tepi pantai itu apabila hujan lebat datang. 

Angin kencang dan ombak besar membawa sampah dari tengah laut ke tepi sungai. Meski demikian, menurut Andun, sampah tersebut berasal dari hulu Kota Padang. Dia berharap agar masyarakat yang tinggal di hulu jangan membuang sampah ke bantaran sungai. Hal ini dikarenakan sungai akan membawa sampah itu menuju laut. 

Dia berharap agar masyarakat meningkatkan kesadarannya akan hal itu. "Jangan membuang sampah ke sungai," ujarnya. 

Kata Andun, sampah tersebut biasanya akan dibersihkan oleh petugas kebersihan dari Dinas Pariwisata Kota Padang. Meski demikian, sampah tersebut juga dibawa kembali oleh air pasang ke tengah laut, atau sampah tersebut ditutup oleh pasir yang dibawa oleh ombak. 

"Pernah suatu ketika musim hujan, sampah-sampah tersebut mengonggok setinggi orang dewasa, dan petugas dari dinas membersihkannya dengan  ekskavator," kata Andun.

Dia berharap agar masyarakat yang tinggal di hulu tidak membuang sampah ke sungai. Sebab, bisa menjadi laut tercemar. 

Sementara itu, di Batang Arau, tiga pria tampak kesusahan menarik tali tambang yang terhubung dengan sebuah kapal. Mereka ingin menarik kapal tersebut dari tengah ke arah tepi sungai. Tetapi, mereka kesusahan karena ada sampah yang menumpuk di sekitaran kapal tersebut. Informasi yang dihimpun, sampah tersebut juga berasal dari hulu. 

(fkh/don)

Berita Terkait

Baca Juga