Hujan sejak Kamis Siang, Sejumlah Ruas Jalan dan Perumahan Warga di Kota Padang Terendam Banjir

Hujan sejak Kamis Siang Sejumlah Ruas Jalan dan Perumahan Warga di Kota Padang Terendam Banjir Banjir dan pohon tumbang terjadi di Kota Padang akibat hujan yang melanda sedari Kamis siang hingga Jumat (10/1/2020)(Foto: kollase/covesia/dok.humas bpbd)

Covesia.com - Hujan yang melanda Kota Padang sejak Kamis (9/1/2020) siang hingga Jumat (10/1/2020) pagi mengakibatkan pohon tumbang dan genangan air di sejumlah titik di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. 

Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang Sutan Hendra mengatakan bahwa ada dua lokasi pohon tumbang di Kota Padang, yakni Pauh dan Nanggalo. Pohon tumbang menimpa kabel listrik dan menghambat akses jalan. 

"Kemarin, sudah dilakukan pembersihan untuk material," ujarnya. 

Selain itu, hujan juga mengakibatkan genangan air di sejumlah ruas jalan dan perumahan warga di Kota Padang. 

Berdasarkan data dari Pusdalops PB BPBD Kota Padang, genangan air terlihat di Jalan Niaga, Jalan Hakim, Jalan Dobi, Jalan Jhoni Anwar, Jalan Ahmad Yani, Jalan Sumatera, Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Sudirman, Jalan Tan Malaka, Jalan Aru di seputaran kampus UPI, Jalan Bypass di seputaran kampus Baiturrahmah, Jalan Tanjung Kompleks Dangung Teduh, dan Jalan Jondul Rawang.

Selain itu, genangan air juga terlihat di SD 03 Alai Parak Kopi, Kampung Jambak, dan Parak Jambu Indah. 

Rata-rata, berdasarkan data dari Pusdalops PB BPBD Kota Padang tersebut, genangan air mencapai 20-30 centimeter. Bahkan, di kawasan Parak Jambu Indah Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, ketinggian air sudah mencapai 70 centimeter. Di daerah itu, ada 20 rumah yang terdampak. 

"Untuk kondisi pagi ini, Tim TRC BPBD Kota Pada mendapatkan informasi bahwa ada warga yang terjebak banjir di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam," ujarnya. 

Kata Sutan, Tim TRC BPBD Kota Padang sudah datang ke lokasi dan mengevakuasi masyarakat tersebut. Korban yang dievakuasi tersebut, berdasarkan data dari Pusdalops PB BPBD Kota Padang, ada 2 KK yang dilakukan evakuasi. Korban jiwa nihil.

Meski demikian, hingga sekitar 09.00 WIB, kondisi di Padang masih terbilang kondusif atau tidak perlu penanganan luar biasa. 

Baca juga: Rumah Terendam Banjir, BPBD Padang Evakuasi Warga di Dadok Tunggul Hitam

Dia mengatakan bahwa sampai pagi ini belum ada informasi tentang longsor yang terjadi di Kota Padang. 

"Kepada masyarakat, agar berhati-hati lagi, terutama saat angin kencang. Bagi pengendara, jangan parkir di bawah pohon. Karena itu bisa membahayakan. Kemudian, terkait banjir, kita siaga 24 jam. Dan kami siap turun jika ada masyarakat yang butuh penanganan atau evakuasi," kata dia.

(fkh/don)

Berita Terkait

Baca Juga