Curah Hujan Tinggi, Tiga Kecamatan di Agam Terdampak Bencana

Curah Hujan Tinggi Tiga Kecamatan di Agam Terdampak Bencana Sebuah warung ambruk dan menimpa kabel listrik akibat angin kencang di passr Bawsn, Agam, Kamis (9/1/2020)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Tiga kecamatan di Kabupayen Agam Terdampak bencana dipicu curah hujan tinggi disertai angin kencang yang melanda, Sumatera Barat (Sumbar) Kamis (9/1/2020) sore.

Data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, setidaknya 12 unit rumah di Jorong Parit Panjang, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung terendam banjir. Air menggenangi pemukiman setempat dengan ketinggian antara 10 Cm - 30 Cm.

Selanjutnya  hujan deras disertai angin kencang juga merusak rumah dan ruko di Jorong Pasar Bawan, Nagari Bawan, Kecamatan IV Nagari, saat ini baru tercatat 2 unit rumah dan 1 ruko mengalami kerusakan di bagian atap.

Selain itu angin kencang disertai curah hujan tinggi menumbangkan satu pohon dan menimpa rumah warga di Koto Lalang, Jorong Durian Kapeh, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara.

Untuk peristiwa tersebut Tim BPBD Agam Bersama Pihak terkait sudah berada di masing-masing lokasi untuk melakukan pendataan dan evaluasi. "Kita sudah melakukan evaluasi dan menyiagakan petugas untuk mengantisipasi dampak dari bencana," kata Kabid KL BPBD Agam Syafrizal. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerugian materil ditaksir mencapai Puluhan Juta.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga