Polres Mentawai Minta Satuan Tugas Saling Bersinergi Antisipasi Ancaman Bencana

Polres Mentawai Minta Satuan Tugas Saling Bersinergi Antisipasi Ancaman Bencana (Foto: Kornelia Septin Rahayu/Covesia)

 Covesia.com - Peristiwa bencana alam yang memakan korban jiwa dan menyebabkan kerugian material di berbagai wilayah Indonesia pada akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 ini menjadi acuan bagi stakeholder terkait untuk siap siaga terhadap ancaman bencana.

Akan bahaya canaman bencana itu, Kapolres Kepulauan Mentawai AKBP Dodi Prawiranegara meminta staun tugas mulai dari BPBD, SAR, TNI dan Polri, Pemadam kebakaran, Kesehatan, Dishub, PUPR, dan Pol PP saling bersinergi dalam mengantisipasi bencana yang sewatu waktu mengancam kawasan tersebut.

"Sudah banyak kejadian bencana alam yang terjadi belakangan ini seperti banjir, longsor, kebakaran hutan dan lainnya di wilayah Indonesia. Di Mentawai juga memiliki potensi bencana alam, sehingga kita perlu menyiagakan para petugas dan peralatan siaga bencana," ujar AKBP Dodi Prawiranegara disela-sela apel gabungan yang di kegal di Mapolres Mentawai, Rabu (8/1/2020).

Selanjutnya Dody mengatakan bahwa  persoalan penanggulangan bencana tidak cukup hanya sektoral saja tetapi harus ada sinergitas seluruh stakeholder terkait.

"Kita meminta kepada para petugas hingga tingkat kecamatan seperti Polsek dan Koramil serta Satuan Petugas lainnya yang bergerak dibidang penanggulangan bencana alam agar selalu siap siaga," imbuhnya.

Ia berharap bencana alam yang memakan korban jiwa tidak terjadi di Mentawai, namun jika terjadi bencana, stakeholder terkait sudah siap," pungkasnya.

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga