Kejari: Tiga Kasus Ini Mendominasi di Pesisir Selatan Selama 2019

Kejari Tiga Kasus Ini Mendominasi di Pesisir Selatan Selama 2019 Foto: Indrayen

Covesia.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengungkapkan, kasus narkotika, pencurian dan asusila terhadap perempuan dan anak menjadi perkara yang mendominasi sepanjang tahun 2019.

Melalui Kasi Pidum Kejari Pesisir Selatan, Hafiz Kurniawan menyebutkan, ketiga kasus tersebut tidak hanya terbanyak di Pesisir Selatan, namun katanya itu hampir sama terjadi di seluruh daerah yang ada di Indonesia.

"Itu yang paling menonjol sepanjang tahun 2019, dan tidak hanya bagi kita di Pessel, tetapi hampir sama di seluruh Indonesia," ungkapnya pada wartawan Rabu (8/1/2020)

Ia menerangkan, dari sejumlah kasus yang mendominasi tersebut terdiri dari 150 perkara sepanjang 2019. 10 diantaranya merupakan sisa 2018 atau prapenututan (Pratut) SPDP yang masuk ke lembaga tersebut.

"Sisa masih ada 20 perkara lagi yang belum diberikan penyidik kepada penuntut umum. Dan ini kan terus kami tindak lanjuti dari 130 yang sudah diselesaikan," terangnya.

Sementara katanya, untuk perbandingan kasus dengan tahun lalu, pihaknya tidak merincikannya.

"Kita tidak merinci perbandingan dari tahun lalu. Tapi, narkotika masih menjadi perkara yang terbanyak di Pesisir Selatan, kemudian diikuti dengan pencurian, dan yang ketiga terhadap anak baik itu kekerasan maupun pencabulan," pungkasnya.

(ind/don)



Berita Terkait

Baca Juga