Agus Susanto-Rommy Candra Maju Jalur Independen di Pilkada Pasaman Barat

Agus SusantoRommy Candra Maju Jalur Independen di Pilkada Pasaman Barat Penyerahan mandat mandat LO dari pasangan Agus Susanto dan Rommy Candra kepada KPU Pasbar (ist)

Covesia.com - Perebutan kursi BA 1 S dan BA 2 S di bumi Tuah Basamo Kabupaten Pasaman Barat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 semakin kompetitif.

Sejumlah tokoh maupun petahana Yulianto sudah mulai mendaftarkan diri ke berbagai Paratai Politik (Parpol) untuk maju sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati dan wakil Bupati Pasaman Barat.

Begitupun dengan Agus Susanto (mantan Anggota DPR RI 2014-2019) bersama pasangannya Rommy Candra yang memilih jalur Independen pada Pilkada 2020 kali ini.

"KPU Kabupaten Pasaman Barat sudah menerima mandat LO dari pasangan Agus Susanto dan Rommy Candra (6/1/2020) kemarin. Pasangan ini akan maju sebagai bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati Pasaman Barat Tahun 2020," terang Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis didampingi Komisioner, Wanhar dan Adri, Rabu (8/1/2020).

Alharis mengatakan penerimaan LO ini merupakan respon dari pengumuman penyerahan syarat dukungan Bakal Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Tahun 2020. 

"Pengumuman dimaksud telah disebarluaskan KPU Pasaman Barat sejak tanggal 3 Desember 2020 lalu. Ini merupakan baru pasangan calon yang pertama datang untuk persiapan mendaftar melalui jalur independen (perseorangan," tambahnya.

Selanjutnya LO ini diberi Username dan Pasword Sistem Informasi Pencalonan (SILON) yang telah disiapkan oleh Tim Help-Desk Pencalonan KPU Pasbar.

SILON yang dirancang oleh KPU RI ini diharapkan bisa membantu Bakal Pasangan Calon dalam proses penyerahan dukungan. Pihaknya juga sudah langsung melakukan Bimtek bagi Operator Silon.

"Bimtek ini kami kemas dalam bentuk Simulasi. LO dan 12 operatornya diajarkan tentang seluk beluk pengoperasionalan SILON yang terdiri dari SILON Online dan Offline. Sehingga LO dan Operator nanti bisa dengan cepat menginput data dukungan Paslon," kata Koordinator SILON, Zamzami.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga