Hingga Akhir 2019, Baru Satu Paslon Daftar Silon ke KPU Limapuluh Kota

Hingga Akhir 2019 Baru Satu Paslon Daftar Silon ke KPU Limapuluh Kota Foto: Hajrafiv Satya Nugraha

Covesia.com - Sampai tahun 2019 berakhir, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota baru menerima satu pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota yang mendaftar di aplikasi Silon. 

Pasangan tersebut adalah Ferizal Ridwan-Nurkhalis dan sudah mengantongi username dan password silon untuk menginput data dukungan perseorangan.

Pasangan ini mengambil aplikasi silon ini tanggal 23 Desember 2019 silam dan sudah bisa melakukan memasukkan data dukungan KTP ke KPU secara resmi. Namun, sebelum pasangan Ferizal Ridwan – Nurkhalis mendaftar, sudah ada  juga tokoh Limapuluh Kota yang berkonsultasi ke KPU untuk maju dalam jalur perseorangan. Tokoh tersebut adalah Maskar Dt. Pobo.

“Yang sudah mengambil silon ke KPU baru satu Paslon yaitu Ferizal Ridwan-Nurkhalis. Tapi ada juga yang sebelumnya datang ke KPU untuk konsultasi yaitu pak Maskar,” kata Ketua Divisi Teknis KPU Limapuluh Kota, Rina Fitri kepada Covesia.com, Rabu (1/1/2020).

Disebutkannya, silon merupakan aplikasi resmi KPU untuk mentransparansikan penghimpunan dukungan perseorangan. Dalam silon, dukungan ganda akan terbaca maupun verifikasi factual calon secara otomatis berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Silon sendiri, bukan hanya untuk paslon jalur perseorang. Tetapi juga berlaku untuk Parpol. Namun, untuk parppol tentu akan disesuaikan dengan tahapan yang ada. Untuk saat ini Silon masih dalam tahap jalllur perseorangan.

“Aplikasi Silon dibuat bukan hanya untuk pasangan jalur perseorangan. Tetapi akan digunakan untuk parpol juga. Namun tentunya akan disesuaikan dengan tahapan. Untuk sekarang diperuntukkan bagi calon perseorangan,” jelasnya. 

(agg)


Berita Terkait

Baca Juga