PLN dan Bupati Sutan Riska Kunjungi Gardu Induk, Dharmasraya Makin Siap Tampung Investasi

PLN dan Bupati Sutan Riska Kunjungi Gardu Induk Dharmasraya Makin Siap Tampung Investasi

Covesia.com - Setelah Gardu Induk Sei Rumbai telah beroperasi, keandalan jaringan di sungai rumbai dan sekitarnya makin terjamin. Sehingga semakin membuat iklim investasi di kabupaten Dharmasraya semakin menggiurkan.

Rombongan Manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) beserta segenap Forkopimda Kabupaten Dharmasraya Senin siang (9/12/2019) melakukan kunjungan kerja (kunker) dan peresmian Jaringan Listrik Tegangan Menengah 20 kV di Gardu Induk Sungai Rumbai.

Gardu Induk dengan daya 1x30 MVA yang telah resmi beroperasi atau Comercial Operation Date (COD) per September 2019 tersebut kini menyuplai listrik untuk wilayah kabupaten Dharmasraya dan sekitarnya.

Pada sambutannya, General Manager PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto menyatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu solusi PLN dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap listrik masyarakat Kabupaten Dharmasraya dan sekitarnya.

Sebelumnya, masyarakat Dharmasraya kerap mengeluhkan kendala dalam hal keandalan listrik karena pasokan  listriknya masih disuplai dari GI Kiliranjao dan GI Muara Bungo yang notabene tidak dekat.

"Saya harap GI Sungai Rumbai ini  dapat menjawab keluhan masyarakat dalam memperoleh aliran listrik yang handal setiap harinya dan juga dapat mendorong kegiatan perekonomian di kabupaten Dharmasraya," ungkap Bambang Dwiyanto.

Dengan adanya GI ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dalam pembangunan daerah. Pasokan listrik yang cukup dan andal tentunya dapat membuat investor semakin yakin untuk menanamkan usahanya di Dharmasraya yang memiliki berbagai potensi ekonomi yang siap dikembangkan.

"PLN ingin menyampaikan terima kasih pada Pemkab Dharmasraya dan segenap masyarakat sekitar GI atas dukungan terhadap pembangunan GI Sungai Rumbai  sehingga mempercepat proses pembangunan yang memakan waktu hanya kurang lebih satu tahun. Kami juga memohon maaf apabila dalam proses pembangunannya mengganggu kegiatan bapak ibu sekalian," Ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucapkan terima kasihnya mewakili segenap Pemkab Dharmasraya kepada PLN Sumbar yang cepat tanggap dalam memenuhi kebutuhan listrik masyakarat Dharmasraya. Sebelumnya masyarakat terkendala tegangan yang kurang stabil sehingga beresiko merusak peralatan listrik yang dimiliki.

"Saat ini kabupaten Dharmasraya sudah 100% dialiri listrik PLN yang dapat dinikmati seluruh masyarakat kita. Dan kami berterima kasih dengan adanya GI ini kualitas listrik kita semakin baik." Kata Sutan Riska.

Menurut Sutan, dengan adanya GI Sungai Rumbai tersebut membuktikan dimulainya era baru kemajuan kabupaten Dharmasraya yang siap menampung investasi.

"Sebelumnya kami memiliki kendala keterbatasan ketersediaan kualitas listrik sehingga membuat investor berpikir ulang untuk berinvestasi di daerah kita. Namun untuk selanjutnya kita akan meyakinkan mereka kembali agar tidak ragu berinvestasi karena sudah adanya keterjaminan pasokan listrik," sambungnya

Di hari yang sama, Yayasan Baitul Mal PLN juga memberikan bantuan sembako pada masyarakat sekitaran GI Sungai Rumbai. Bantuan itu merupakan bentuk kepedulian PLN pada masyarakat sekitar dalam hal penyaluran zakat.

"YBM PLN pada acara ini memberikan bantuan dalam bentuk sembako berjumlah 30 paket untuk masyarakat sekitar yang berhak. Semoga bantuan ini dapat berguna bagi penerima bantuan," Kata Arif selaku Pengurus YBM PLN Sumbar.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga