BMKG: Limapuluh Kota Dilanda Hujan Hingga Januari 2020

BMKG Limapuluh Kota Dilanda Hujan Hingga Januari 2020 Ilustrasi - pixabay

Covesia.com - Hujan yang terus mengguyur Kabupaten Limapuluh Kota beberapa hari terakhir, diprediksi akan berlangsung hingga Januari 2020. BMKG meminta Pemda Limapuluh Kota dan sekitarnya untuk waspada terhadap ancaman banjir dan longsor.

"Sekarang memang masa hujan dan ini sudah cuaca tahunan. Sama seperti tahun 2018 silam. Curah hujan akan tinggi selama Bulan Desember 2019 hingga Januari 2020. Pemda Limapuluh Kota dan sekitarnya diminta untuk waspada banjir dan longsor," sebut Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Minangkabau-Padang Pariaman BMKG Yudha Nugraha kepada Covesia.com, Senin (9/12/2019).

Yudha juga mengatakan pada Desember ini menjadi puncak musim hujan di tahun 2019. Ada gerakan pola angin dari Barat Ke Timur yang cukup besar. Hal ini menjadi penyebab wilayah Kabupaten Limapuluh Kota saat ini terus diguyur hujan.

"Awan-awan yang telah matang dibawa ke daerah timur seperti Limapuluh Kota. Termasuk juga di wilayah Pasaman dan Tanah Datar," katanya.

Namun soal intensitas curah hujan, Yudha menyebutkan tahun 2019 ini masih relatif kecil dari tahun 2018. 

Puncak musim hujan tahun 2018 bisa mencapai 350-600 milimeter per bulan. Sedangkan dari pantauan BMKG, hanya 150 milimeter per bulan.

"Memang relatif kecil dari tahun 2018. Tetapi bisa bikin banjir, longsor dan banjir bandang. Jadi masyarakat dan pemda setempat diminta untuk waspada sedari kini," ucapnya.

Ditambahkannya, dengan topografi Limapuluh Kota yang didominasi perbukitan, sangat rawan untuk dilanda bencana pada masa musim hujan saat ini. 

(agg/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga