Miliki SHM, Terduga IlLegal Loging Hutan Cagar Alam di Agam Dilepaskan Polisi

Miliki SHM Terduga IlLegal Loging Hutan Cagar Alam di Agam Dilepaskan Polisi Empat Warga terduga kasus Ilegal loging di Hutan Cagar Alam Maninjau beberapa waktu lalu yang pernah diamankan Polres Agam (Foto: dok.polres agam)

Covesia.com - Empat Warga terduga kasus Ilegal loging di Hutan Cagar Alam Maninjau beberapa waktu dilepaskan Polres Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan didampingi Kasat Reskrim AKP Farel Haris SH mengatakan, saat dilakukan pemeriksaan tersangka bisa menunjukkan Sertifikat Hak Milik (SHM) lahan penebangan kayu.

"Memastikan titik kordinatnya, kita bersama BPN Agam melakukan peninjauan ke lokasi dan dipastikan tunggul penebangan sesuai dengan SHM tanah," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Kamis (5/12/2019).

Pihaknya merasa heran tentang adanya SHM di hutan Cagar Alam Maninjau, hal itu tentunya jadi perhatian seluruh pihak. "Untuk penahanan saat ini kita tangguhkan, proses hukum  belum bisa dilanjutkan, sementara itu kami dari pihak kepolisian akan tetap melakukan penyelidikan," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan Tim gabungan Satreskrim dan BKSDA Resor Agam mengamankan 4 warga yang diduga melakukan tindak pidana pemebangan pohon di Hutan Cagar Alam Maninjau Kamis (24/10/2019) silam.

Keempat tersangka tersebut merupakan warga Koto Panjang, Dama Gadang, Nagari Persiapan Dalko, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Selain mengamankan tersangka Polisi juga mengamankan barang bukti berupa kayu yang telah diolah lebih kurang 2 kubik, 2 Unit mesin sinso, bahan bakar minyak beserta peralatan lainnya.

(han/don)


Berita Terkait

Baca Juga