Pendaftaran Panwascam di Bawaslu Kota Pariaman Ditutup, Ada 76 Orang yang Sudah Mendaftar 

Pendaftaran Panwascam di Bawaslu Kota Pariaman Ditutup Ada 76 Orang yang Sudah Mendaftar  Tampak saat petugas Bawaslu Kota Pariaman, menerima berkas peserta yang mendaftar Panwascam (Foto: peri, covesi

Covesia.com - Pendaftaran sebagai calon Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pariaman, untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di daerah itu, sudah ditutup pada Selasa (3/12/2019) malam. Setidaknya ada sekitar 76 orang yang sudah mendaftar. 

"Ada 76 orang yang sudah mendaftar ke sini, namun yang dibutuhkan hanya tiga orang per kecamatan," kata Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan, kepada covesia.com, pada Rabu (4/12/2019).

Lanjut Riswan, jadi total yang diterima hanya 12 orang. Sebab di Kota Pariaman, hanya ada empat kecamatan. 

"Untuk hasil mereka yang lulus administrasi tersebut, nanti akan kami umumkan pada 12 Desember 2019, melalui website lembaga dan juga akan ditempel di papan informasi di sekretariat," sebutnya. 

Dikatakan Riswan, setelah itu untuk peserta yang lulus, akan mengikuti ujian tulis berbasis CAT dengan komputer yang telah disediakan pihak Bawaslu Pariaman, pada 13 Desember 2019 dan dilanjutkan dengan wawancara hingga 17 Desember.

"Nanti kami juga akan meminta tanggapan masyarakat tentang peserta ini untuk memastikan apakah peserta ada hubungan dengan partai politik atau tidak," ujarnya.

Riswan menyebutkan, jika peserta memiliki hubungan dengan partai politik maka yang bersangkutan akan digugurkan sebagai peserta dan hal itu dilakukan untuk menjamin netralitas lembaga tersebut.

Kemudian kata Riswan, untuk para peserta yang mendaftar, rata-rata mereka berusia 25 hingga 35 tahun.

(per/don)


Berita Terkait

Baca Juga