Longsor di Kelok Sembilan, Jalur Sumbar-Riau Buka Tutup

Longsor di Kelok Sembilan Jalur SumbarRiau Buka Tutup Material longsor menutupi akses jalan Sumbar-Riau di kawasan kelok sembilan, kabupaten 50 Kota, Rabu (4/12/2019)(Foto: dok.bpbd 50 kota)

Covesia.com - Hujan deras yang mengguyur seluruh wilayah sekitar Kelok Sembilan, membuat salah satu tebing di dekat fly over kebanggan orang sumatera Barat ini longsor, Rabu (4/12/2019) Akibatnya, jalur lintas Sumbar- Riau menjadi terganggu.

Informasi yang dihimpun covesia.com, longsor terjadi pukul 11.00 wib dan menutupi hampir seluruh areal jalan pintas Sumatera. Tebing yang berjarak sekitar 600 meter dari kelok sembilan ini menutupi jalan setinggi 5 meter. 

Saat ini, Satlantas dan BPBD kabupaten Limapuluh Kota tengah berupaya membersihkan material di lokasi tersebut.

"Tadi memang ada longsor yang cukup besar. Menutupi jalan sekitar 12 meter dan tingginya seitar 5 meter. Saat ini tim sedang bekerja untuk membersihkan material. Dalam kejadian longsor ini tidak ada korban jiwa maupun luka," sebut Kabid Kebencanaan dan Logistik, Rahmadinol kepada covesia.com. 

Meterial longsor ini terdiri dari tanah dan bebatuan. Petugas yang bekerja sedikit kesulitan karena badan tebing masih labil dan cuaca disekitar kelok Sembilan masih diguyur hujan ringan.

Kasat Lantas Polres Limapuluh Kota, AKP Erman memastikan kondisi akses jalan Sumbar - Riau terutama di titik longsor masih bisa dilalui kendaraan. Baik roda dua maupun roda empat. Namun, memakai sistem buka tutup.

"Untuk mengantisipasi macet panjang kami memakai sistem buka tutup. Jadi jalan masih bisa dilewati. Namun, jika hujan kembaki deras. Kemungkinan akan kami tutup sepenuh untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," sebut Erman. 

(agg/don)

Berita Terkait

Baca Juga