Menyusahkan Warga, Pemkab Padang Pariaman Diminta Perbaiki Jalan Rusak di Air Sungsang

Menyusahkan Warga Pemkab Padang Pariaman Diminta Perbaiki Jalan Rusak di Air Sungsang Ramal Saleh (Dok. Pribadi)

Covesia.com - Ketua DPW Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Sumatra Barat Ramal Saleh meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman agar segera memperbaiki jalan rusak di Korong Air Sungsang Durian Angik, Nagari Sikucua Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman.

Karena akibat kondisi jalan yang rusak sejak 2007 itu menyusahkan bagi warga setempat, apalagi jika ada warga sakit akan kesulitan untuk akses ke tempat berobat.

“Kalau ada hal yang seperti itu, pemkab harus tanggap, dan segera mengalokasikan dana untuk memperbaiki jalan yang rusak itu,” ujarnya saat dihubungi covesia, Rabu (4/12/2019).

Diberitakan sebelumnya, jalan sepanjang enam kilo meter di Korong Air Sungsang Durian Angik mengalami rusak berat. Menurut pengakuan Wali Korong Air Sungsang Durian Angik, Safrinal, kepada Covesia, Selasa (3/12/2019), hal tersebut menyebabkan, apabila hujan turun, akses jalan di korong tersebut menjadi berlumpur tebal dan licin. Akibatnya, membahayakan apabila dilalui kendaraan.

Mirisnya, akses jalan yang rusak tersebut juga mengakibatkan salah seorang warga harus ditandu menggunakan kain sarung sejauh beberapa kilo meter apabila ingin berobat ke rumah sakit yang terdapat di korong setempat. 

Akses jalan yang rusak yang sejak 2007 yang lalu itu menyebabkan lebih dari 100 Kepala Keluarga yang bermukim di korong tersebut menjadi terdampak. Siswa yang pergi ke sekolah pun juga kesulitan melewati jalan yang berlumpur.

Ramal Saleh menyatakan bahwa kasus seorang warga harus ditandu dengan kain sarung untuk berobat ke rumah sakit harus menjadi pelajaran bagi pemerintah daerah setempat. Dia berharap kejadian tersebut tidak terulang lagi. “Sangat memprihatinkan gitu,” katanya.

Apalagi, imbuhnya, jalan tersebut rusak sudah sejak lama dan semestinya sudah diperbaiki.

Selain itu, Ramal juga mengimbau wali Korong, wali nagari dan pihak kecamatan setempat agar berkoordinasi terlebih dahulu. Kalau mendesak, pihak kecamatan bisa meminta bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas PU setempat agar memperbaiki jalan tersebut.

Ramal mengatakan, di nagari sendiri, pasti ada ada dana alokasi nagari. Dia mengatakan pemerintahan nagari harus berani menggunakan dana tersebut. “Alokasikan itu untuk penimbunan dan pengerasan jalan,” ujarnya.

“Enam kilometer itu paling berapalah itu,” imbuhnya lagi.

Dia juga mengatakan, pada saat Musrenbang, pihak nagari juga bisa membuat  perbaikan jalan tersebut bisa menjadi prioritas sehingga diusulkan ke Pemkab,

“Minimum ada pengerasan,” harapnya.

Baca Juga: Karena Kondisi Jalan Rusak, Warga Padang Pariaman Ini Harus Ditandu untuk Berobat

Kontributor: Fakhruddin Arrazi

Berita Terkait

Baca Juga