Mahasiswa Unand Lihat Servis Memuaskan di Mal Pelayanan Publik Padang

Mahasiswa Unand Lihat Servis Memuaskan di Mal Pelayanan Publik Padang Mahasiswa Unand Lihat Servis Memuaskan di Mal Pelayanan Publik Padang, Selasa (3/12/2019)(Foto: Ist)

Covesia.com - Puluhan mahasiswa Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Andalas, mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Padang,  Senin (2/11/2019). Mahasiswa yang tergabung dalam Konsentrasi Manajemen Komunikasi angkatan 2017 melihat secara langsung implementasi dari pelayanan prima di MPP yang berada di lantai III, Blok III, Pasar Raya Padang.  

Mahasiswa Unand bersama dua dosen pengampu mata kuliah Service Excellence, Dr Ernita Arief dan Annisa Anindya, diterima langsung Konsultan Program MPP,  Ruli Saputra serta Staf Operasional MPP,  Anis Rivai. 

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan sebagai wadah pengenalan mahasiswa konsentrasi manajemen komunikasi dengan praktik pelayanan prima di perusahaan atau lembaga instansi yang mengedepankan kepentingan kepuasaan publik seperti MPP,” kata Dr Ernita Arief.

Dikatakannya, kunjungan ini akan mampu memberikan manfaat bagi pengembangan pengetahuan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unand di dunia kerja nantinya. Apalagi, service excellent perlu diberikan kepada publik.

Sementara itu, Konsultan Program MPP,  Ruli Saputra menjabarkan terkait MPP serta jenis pelayanan yang difasilitasi MPP. Dikatakannya, di MPP, publik dapat mengurus perizinan usaha, pembuatan SIM, dan hal bersifat administratif lainnya. Selain itu juga disampaikan kebijakan-kebijakan yang telah dilakukan MPP Kota Padang dalam menjalin hubungan baik serta aksesibel dengan masyarakat.

“Saat ini MPP telah meluncurkan sebuah aplikasi ‘Sapo Rancak’ sebagai bentuk penerapan pemberlakuan sistem Online Single Submission (OSS) dalam memudahkan pengurusan dokumen perizinan usaha dan pengoperasian MPP bagi seluruh warga,” ujar Ruli.

DPMPTSP Kota Padang juga menghadirkan website dan akun media sosial yang dapat diakses publik. Media sosial ini memuat informasi berupa tracking (informasi perkembangan pengurusan surat), dokumen dan informasi perizinan yang dilayani, informasi tentang peluang investasi, penyelenggaraan lisensi, dan sebagainya.

“Dalam hal pelayanan secara langsung, MPP telah memberikan fasilitas-fasilitas yang cukup mendukung seperti penyediaan kursi roda bagi penyandang disabilitas, toilet khusus disabilitas, area parker yang luas, ruang baca, dan area playground bagi anak-anak. Hal ini menjadi perhatian bagi MPP untuk memberikan pelayanan dan kepuasan masyarakat Kota Padang,” sebut Anis Rivai.

(rel/don)

Berita Terkait

Baca Juga