Optimalkan Kebutuhan Darah, PMI Pasaman Teken MoU dengan RSUD Lubuk Sikaping

Optimalkan Kebutuhan Darah PMI Pasaman Teken MoU dengan RSUD Lubuk Sikaping Ketua PMI Pasaman, Atos Pratama bersama dr. Yong Marzuhaili saat melakukan penandatanganan PKS pengelolaan Bank Darah. (Ist)

Covesia.com-Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Pasaman melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan RSUD Lubuk Sikaping guna mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan darah bagi pasien, Selasa (3/12/2019).

"Perjanian Kerja Sama (PKS) ini dilakukan untuk lebih memudahkan kita bersama RSUD Lubuk Sikapng mengelola Bank Darah. Kemudian mengatur peningkatan partisipasi masyarakat sebagai pendonor darah aktif. Sehingga tidak banyak keluarga pasien yang kocar-kacir mencari darah,"kata Ketua PMI Pasaman, Atos Pratama.

Atos Pratama juga menyampaikan bahwa semua pihak harusbteris tetlibat aktif dalam edukasi kesehatan seputar manfaat donor darah.

"Sebab setetes darah anda tidak hanya menyelamatkan jiwa mereka, tetapi juga menyehatkan kita. Oleh karena itu, semua kita harus terlibat aktif dalam mengkampanyekan gerakan donor darah dan manfaatnya ini. Sehingga tidak ada lagi keraguan bagi masyarakat untuk mendonorkan darah,"katanya.

Diakuinya bahwa saat ini masih ada momok dimasyarakat akan 'gamang' mendonorkan darah.

"Nantinya jika semua pendonor sudah terkelola dengan baik, kami yakin tidak akan ada lagi keluhan-keluhan yang negatif dari keluarga pasien. Kemudian tenaga medis juga sangat terbantu akan ketersediaan darah ini,"tutupnya.

Sementara Direktur RSUD Lubuk Sikaping, dr. Yong Marzuhaili menyambut baik program kemitran dari PMI Pasaman tersebut.

dr. Yong Marzuhaili mengatakan saat ini sudah tersedia alat Bank Darah yang siap menampung darah pendonor selama 24 jam.

"Semoga kedepan akan tertata kelola dengan baik Bank Darah ini dengan semangat kebersamaan kita semua. Kemudian juga memberdayakan para relawan PMI untuk meningkatkan angka partisi pendonor setiap saat,"tutupnya.

(Hri)

Berita Terkait

Baca Juga