BKD Sumbar Bantah Adanya Diskriminasi Terhadap CPNS yang Disabilitas

BKD Sumbar Bantah Adanya Diskriminasi Terhadap CPNS yang Disabilitas Jaringan peduli Difabel saat audiensi bersama BKD Sumbar, Senin (2/12/2019)(Foto: Laila)

Covesia.com - Dinilai diskriminasi terhadap calon pegawai negeri sipil (CPNS) disabilitas pihak Badan Kepegawaian Daerah diwakili Kepala Bidang Formasi dan Informasi BKD Sumbar, Syafnirwan membantah adanya diskriminasi tersebut.

"Tidak pas dikatakan bahwa kami melakukan diskriminasi untuk pendaftar CPNS disabilitas," ungkap Syafnirwan saat melakukan audiensi dengan jaringan peduli disabilitas di kantor gubernur, Senin (2/12/2019).

Ia menerangkan bahwa pada tahun ini dari pusat tidak memberikan formasi yang khusus untuk disabilitas. Hanya ada peraturan 2% dari pendaftaran CPNS disediakan untuk disabilitas.

"Kami memperkirakan formasi apa yang cocok untuk disabilitas ini, karena fasilitas untuk mereka masih kurang di berbagai perkantoran," ujarnya.

Lebih lanjut Syafnirwan mengatakan  dengan latar belakang demikian ia dan pihak terkait mencarikan nama jabatan dan formasi yang sesuai dengan tingkat difabelnya pendaftar.

Selain itu, pendaftar disabilitas  diharuskan memiliki surat keterangan dari rumah sakit pemerintah. "Ini menentukan apa yang dapat dikerjakan oleh penyandang disabilitas," terangnya.

Namun sejauh ini sudah mendaftar 62 CPNS yang menyandang disabilitas pada umumnya tidak melampirkan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah. Artinya, kita tidak miliki referensi dimana pendaftar ditempatkan.

Tak hanya itu Syafnirwan mengatakan bahwa hanya mengikuti regulasi dari pusat.

"Semua pihak harus berkomitmen untuk disabilitas mendapatkan haknya. Jadi tempat kerja untuk disabilitas harus memiliki fasilitas yang sesuai," tutupnya.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga