Jelang Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Minta Rekrut Pengawas Ad Hoc yang Berkualitas

Jelang Pilkada Serentak 2020 Bawaslu Minta Rekrut Pengawas Ad Hoc yang Berkualitas Foto: Ketua Bawaslu RI, Abhan saat melakukan kunjungan kerja ke Bawaslu Pasaman, Minggu (1/12/2019), (Ist)

Covesia.com - Ketua Bawaslu RI, Abhan menegaskan kepada Bawaslu tingkat Kabupaten/Kota untuk merekrut jajaran pengawas Ad Hoc seperti Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang berpengalaman dan berkualitas dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2020 mendatang.

Abhan menegaskan, jika jelang penutupan para pendaftar belum memenuhi kriteria yang diinginkan, maka bisa merekrut kembali Panwascam yang telah bertugas mengawasi Pemilu 2019 lalu.

"Hanya saja, tidak ada catatan negatif terkait integritas dan tidak mudah diintervensi. Sebab, jajaran Ad Hoc merupakan tulang punggung Bawaslu. Jika kualitas Panwascam kurang memadai, nantinya dikhawatirkan tidak bisa menyelesaikan masalah ketika bertugas," kata Abhan saat melakukan kunjungan kerja ke kantor Bawaslu Pasaman, (1/12/2019) kemarin.

Abhan menambahkan, pengawas pemilu dituntut bisa mengambil inisiatif dalam menyelesaikan berbagai masalah, baik dalam situasi normal maupun saat kritis.

Panwascam juga bisa mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan munculnya masalah dengan memikirkan berbagai alternatif solusi. 

"Juga dituntut mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien karena akan berinteraksi dengan beragam orang dalam menjalankan tugas. Supaya mereka memahami interaksi antara dirinya dengan orang lain serta memahami motif-motif orang lain dalam berbagai konteks dan situasi," tambahnya.

Perlu diketahui, sejak 27 November 2019 Bawaslu Kabupaten/Kota sudah mulai membuka pendaftaran Panitia Panwascam. Pendaftaran akan ditutup pada 3 Desember 2019. Diketahui, beberapa kabupaten/kota sudah merekrut Panwascam yang cukup. Namun, ada juga yang belum memenuhi kuota.

"Saya harap seleksi Panwascam lancar. Kalau ada yang belum jelas bisa komunikas dengan Bawaslu provinsi atau Bawaslu RI," tuturnnya.

Sementara Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita mengatakan sejak pendaftaran Panwascam Ad Hoc dibuka Tangal 27 November 2019 lalu hingga hari ini sudah menerima 86 pelamar.

"Semua pelamar berlatar belakang yang beragam dari yang usia muda dan tua. Kami semua tampung, asal memenuhi persyaratan yang diatur dalam Undang-undang Pemilu dan per Bawaslu. Kami akan pastikan pelamar yang lulus dan akan dilantik benar-benar berkualitas dan berintegritas. Dari jumlah tersebut nanti akan kami rekrut 36 orang yang akan ditugaskan masing-masing 3 orang per Kecamatan," terang Rini Juita kepada Covesia.com, Senin (2/12/2019).

Pihaknya masih terus menerima pelamar sebanyak-banyaknya hingga pendaftaran ditutup besok (3/12) pukul 24.00 WIB. Pelamar dapat datang langsung datang ke kantor Bawaslu Pasaman di Jalan H. Agus Salim Nomor 17 Pauah, Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman.

"Nanti akan kami umumkan pelamar yang lulus administrasi pada (5/12) ini. Kemudian akan diadakan seleksi tertulis secara bersama tanggal 13-17 Desember 2019. Direncanakan sudah di lantik pada 22-23 Desember 2019 nanti," tutupnya.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga