Dinsos Pasaman Salurkan Sejumlah Bantuan Sembako ke Korban Kebakaran

Dinsos Pasaman Salurkan Sejumlah Bantuan Sembako ke Korban Kebakaran Dinsos Pasaman Salurkan Sejumlah Bantuan Sembako ke Korban Kebakaran dari daerah itu, Minggu (1/12/2019)(Foto: Ist)

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Sosial menyalurkan puluhan berbagai paket sembako kepada korban kebakaran di Kampung Banjar Masin, Jorong Murni Sontang, Nagari Sontang Cubadak, Kecamatan Padang Gelugur, Minggu (1/12/2019) kemarin.

Kepala Dinas Sosial Pasaman, Efka Emi mengatakan penyaluran sejumlah bantuan sembako tersebut untuk memenuhi akan kebutuhan korban bersama keluarganya yang saat ini tengah mengungsi di rumah kerabatnya.

"Jumlah korban semuanya 5 Kepala Keluarga (KK). Namun dari jumlah itu semua anggota keluarganya ada 23 Jiwa. Makanya hari ini kami salurkan bantuan sembako ini untuk membantu kenutuhan pasokan makanan para korban," kata Efka Emi.

Efka Emi mengatakan pihaknya hanya bisa membantu akan kebutuhan makanan dan perlengkapan dapur korban.

"Anggaran dari dinas sosial hanya bisanya seperti ini. Kalau untuk dana pembangunan rumah atau RTLH belum bisa kami bantu. Sebab ini sudah di akhir tahun anggaran. Nanti akan kami rapatkan kembali di Kantor Bupati bagaimana solusinya," katanya.

Kepala Bidang Sosial, Hendriyanto mengatakan bantuan sembako tersebut berupa makanan siap saji dari paket A-D sebanyak 20 paket, tempat nasi 5 paket, paketan lauk pauk 5 paket, paketan alat dapur 5 paket dan kids were 2 paket.

"Kemudian Beras 50 Kilogram, minyak goreng 20 Liter, Gula pasir 20 Kilogram, Mie Instan 5 dus, dan Telur 300 butir," kata Hendriyanto.

Kemudian kata dia pihaknya juga menyakurkan bantuan perlengkapan keluarga 10 paket, selimut 23 buah, pisau dapur 5 buah, perlengkapan khusus 5 paket, dan piring makan 23 buah.

"Kami juga memberikan seragam SD PR 2 paket dan buku islam 5 buah. Karena ada anak korban dua orang yang masih sekolah di SD. Kemudian sarbet dan sedot masing-masing 5 paket," tambahnya.

Sementara warga setempay juga Anggota DPRD Pasaman, Selamat Simamora sangat mengapresiasi cepat tanggapnya pihak pemkab setempat terhadap musibah yang menimpa warganya.

"Saat ini yang akan kita fikirkan bersama bagaimana caranya agar korban bisa memiliki rumah kembali. Kami juga akan terus berkomunikasi baik Pemda maupun Baznas Pasaman agar korban bisa dibangunkan rumah layak huni. Agar mereka bisa kembali beraktifitas sebagaimana biasanya, tidak terus mengungsi seperti ini," tutupnya.

Sebelumnya, kebakaran hebat melanda kawasan padat penduduk Kampung Banjar Masin, Jorong Murni Sontang, Nagari Sontang Cubadak, Kecamatan Padang Gelugur, Pasaman sekitar pukul 15.30 WIB tadi, Sabtu (30/11) kemaren.

Dari peristiwa tersebut sebanyak 5 unit rumah semi permanen ludes dilalap sijago merah. Karena api dengan cepat menjalar dari rumah yang satu dengan rumah yang lainnya.

Kerugian materil yang dialami korban dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Kampung Banjar Masin, Jorong Murni Sontang, Nagari Sontang Cubadak, Kecamatan Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman diperkirakan mencapai Rp400 Juta.

(eri/nod)


Berita Terkait

Baca Juga